Dinas Perikanan dan Peternakan Banyumas Temukan 3 Sapi Diduga Terjangkit PMK

Antara ยท Rabu, 11 Mei 2022 - 23:00:00 WIB
Dinas Perikanan dan Peternakan Banyumas Temukan 3 Sapi Diduga Terjangkit PMK
Salah satu sapi yang diduga terkena PMK ditemukan tim Dinas Perikanan dan Peternakan Banyumas saat inspeksi di Pasar Hewan Ajibarang, Rabu (11/5/2022). Foto: ANTARA/Sumarwoto.

BANYUMAS, iNews.id - Tiga ekor sapi di Pasar Hewan Ajibarang diduga terkena penyakit mulut dan kuku (PMK). Dugaan ini muncul saat dilakukan inspeksi oleh Dinas Perikanan dan Peternakan (Dinkannak) Kabupaten Banyumas.

"Hari ini kami melakukan pemeriksaan fisik pada ternak sapi di Pasar Hewan Ajibarang untuk memastikan apakah ternak-ternak itu memiliki gejala PMK atau tidak," kata Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinkanak Kabupaten Banyumas Yan Ariwidadi, Rabu (11/5/2022). 

Dalam pemeriksaan, pihaknya menemukan tiga ekor sapi perah yang terindikasi mengalami gejala PMK. Sebab kakinya pincang, kukunya mau lepas, di mulut terdapat bercak-bercak luka, dan suhu tubuhnya mencapai 40 derajat celcius.

Menurut dia, suhu tubuh sapi dalam keadaan normal berkisar 38-39 derajat celcius, sehingga jika mencapai 40 derajat Celcius dikategorikan demam.

"Hal tersebut menunjukkan adanya virus yang diindikasikan sudah masuk ke dalam tubuh hewan, sehingga perlu ada penanganan cepat jika memang hewan tersebut terindikasi PMK," katanya.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: