Hikmah

Doa Pernikahan yang Diajarkan Rasulullah SAW untuk Kebaikan Pengantin Baru

Kastolani · Selasa, 24 November 2020 - 09:53:00 WIB
Doa Pernikahan yang Diajarkan Rasulullah SAW untuk Kebaikan Pengantin Baru
Ilustrasi pasangan pengantin. Muslim dianjurkan membacakan doa bagi pengantin saat menghadiri pernikahan. (Foto: Antara)

Kewajiban memenuhi resepsi atau walimah itu disebutkan dalam hadis riwayat Ibnu Umar bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

إذا دعي أحدكم إلى الوليمة فليأتها

Idzaa du'iya ahadukum ilalwaliimati falyatiiha (HR. Bukhari)

Para ulama mengatakan bahwa jika walimah tersebut adalah walimatul ‘ursy, maka hukum menghadirinya adalah wajib. Jadi tidak selayaknya seseorang tidak menghadirinya tanpa udzur. Sedangkan memakan jamuan makan yang dihidangkan hukumnya adalah sunnah, tidak wajib. Para ulama fikih telah menjelaskan perkara-perkara yang menjadi udzur syar’i yang membolehkan seorang muslim untuk tidak menghadiri waliimatul ‘ursy.

Di antaranya, ketika dalam walimah tersebut terdapat perkara mungkar seperti minuman keras dan perbuatan fasik. Sedangkan jika walimahnya bukan walimatul ‘urs, maka tidak wajib menghadirinya. Akan tetapi jika diniatkan untuk menggembirakan hati saudara sesama muslim, maka kehadirannya menjadi berpahala.

Memenuhi undangan pernikahan merupakan hak tiap Muslim sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ سِتٌّ قِيْلَ: مَا هُنَّ يَا رَسُوْلَ اللهِ؟، قَالَ: إِذَا لَقِيْتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ، وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ، وَإِذَا اسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْ لَهُ، وَإِذَا عَطِسَ فَحَمِدَ اللهَ فَشَمِّتْهُ، وَإِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ، وَإِذَا مَاتَ فَاتَّبِعْهُ (رَوَاهُ مُسْلِمٌ)

Artinya: hak orang muslim atas lainnya ada enam perkara yakni, bila bertemu maka ucapkanlah salam kepadanya, bila diundang maka penuhilah, bila minta nasihat (kebaikan) maka berikah nasihat, bila dia bersin dan membaca hamdalah maka doakanlah (yarhamukallah dan orang yang bersin membalas doa yahdikallah), bila ia sakit maka jenguklah dan bila ia meninggal maka iringkanlah." (HR. Muslim).

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3