Dua Santri di Brebes Sabet Medali Emas di Kontes Robot Nusantara

Yunibar · Kamis, 25 Maret 2021 - 19:09:00 WIB
Dua Santri di Brebes Sabet Medali Emas di Kontes Robot Nusantara
Dua santri MAN 1 Brebes yang menjuarai kontes robot nusantara. Foto: iNews/Yunibar.

BREBES, iNews.id – Dua santri Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Brebes berhasil menjuarai kontes robot nusantara. Keduanya merancang robot kategori maze solving yang bisa diaplikasikan untuk membawa makanan atau obat-obatan di rumah sakit. 

Kedua siswa berprestasi itu adalah  Muhammad Haidar Hamzah dan Hanum Aliya, santri kelas 10 dan 11 MAN 1 Brebes. Keduanya sukses meraih medali emas di kontes robot nusantara ke-7 tahun 2021 di Jakarta beberapa waktu lalu. 

Robot kategori maze solving menggunakan lima sensor infrared, dua motor servo dan baterai 9 volt. Robot bergerak dengan mengikuti jalur berwarna hitam di atas permukaan berwarna putih yang telah diprogram menggunakan komputer. Robot akan memilih jalur tercepat di peta, yakni membutuhkan waktu 23 detik. 

“Dalam dunia nyata, robot ini bisa diaplikasikan untuk mengantar makanan maupun obat-obatan di rumah sakit. Dibutuhkan waktu tiga hari untuk merakit spare part robotik yang dibeli secara online dengan dibantu guru pembimbing,” kata Muhammad Haidar, Kamis (25/3/2021). 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2