Duka Ganjar untuk Korban Kerusuhan Suporter di Malang: Sedih Melihat Dunia Persepakbolaan Kita

Ahmad Antoni ยท Minggu, 02 Oktober 2022 - 10:02:00 WIB
Duka Ganjar untuk Korban Kerusuhan Suporter di Malang: Sedih Melihat Dunia Persepakbolaan Kita
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo

"Para suporter harus bisa menahan diri, saling menjaga. Kayaknya penting deh dibuat satu pertemuan, kongres antarsuporter agar mereka punya value bersama untuk kemudian mereka bisa saling menjaga. Sehingga setiap pertandingan ada code of conduct-nya, ada PAC yang bisa mengontrol teman-temannya sendiri, dan tidak boleh terulang lagi," katanya.

Diketahui, tragedi kerusuhan suporter di Stadion Kanjuruhan Malang, terjadi pasca pertandingan Derby Jatim antara Arema FC vs Persebaya. Pada pertandingan tersebut tim tuan rumah Arema FC harus menelan kekalahan dari Persebaya dengan skor 2-3.

Selepas pertandingan, terjadi kerusuhan di stadion. Polisi mencoba menguasai situasi dengan tembakan gas air mata. Ada aksi pembakaran dan perusakan yang hingga polisi melakukan tembakan gas air mata.

Akibat kejadian itu, sejauh ini dilaporkan lebih 127 jiwa meninggal dunia. Ratusan korban jiwa tersebut terdiri atas ratusan suporter, dua di antaranya merupakan anggota polisi. Diduga banyak korban meninggal dunia karena kekurangan oksigen.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: