Ekonomi Jateng Kuartal II Tumbuh 5,66 Persen, Ganjar: Hasil Kerja Kolektif Pemprov-Pemda

Ahmad Antoni ยท Minggu, 07 Agustus 2022 - 18:42:00 WIB
Ekonomi Jateng Kuartal II Tumbuh 5,66 Persen, Ganjar: Hasil Kerja Kolektif Pemprov-Pemda
Pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah pada kuartal II 2022 secara tahunan (year on year/yoy) mencapai 5,66 persen. (Ist)

SOLO, iNews.id - Pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah pada kuartal II 2022 secara tahunan (year on year/yoy) mencapai 5,66 persen. Pertumbuhan ekonomi Jateng ini, lebih baik dari angka nasional yang mencatatkan 5,44 persen (yoy). 

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan capaian itu merupakan hasil kerja kolektif Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah dan pemerintah daerah (pemda) dalam membuka kemudahan investasi.

"Ini kerja kolektif. Teman-teman Bupati dan Walikota bagaimana mereka membuka sendiri untuk investasi, kemudahan investasi. Menurut saya kontribusi luar biasa," kata Ganjar di Surakarta, Minggu (7/8/2022).

Ganjar mengatakan, analisis data sains terkait instrumen-instrumen yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi selalu dilakukan. Dalam hal ini Pemprov Jateng melibatkan BI dan OJK untuk memperoleh informasi yang akurat dan benar.

"Kami juga selalu bekerja sama umpama dengan BI dan OJK agar kita mendapatkan selalu informasi yang benar dengan data sains. Kemudian dianalisis dan dipakai dengan kondisi makro yang kita terjemahkan sampai pada pengambilan keputusan. Mudah-mudahan ini akan membantu," katanya.

Dia mengatakan, sektor infrastruktur masih tinggi dalam menyuplai pertumbuhan ekonomi. Juga dengan sektor pertanian yang tinggi dan memiliki nilai tukar bagus di Jawa Tengah.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: