Fenomena Super Snow Moon, BMKG: Waspada Air Pasang Maksimum

Taufik Budi ยท Selasa, 19 Februari 2019 - 08:36:00 WIB
Fenomena Super Snow Moon, BMKG: Waspada Air Pasang Maksimum
Ilustrasi Super Snow Moon. (Foto: Reuters).

SEMARANG, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan akan terjadi fenomena Super Snow Moon pada Selasa (19/2/2019). Kondisi ini dikhawatirkan akan berdampak pada pola pasang maksimum air laut di sejumlah daerah pesisir.

Melansir akun Twitter @bmkg_semarang, fenomena Super Snow Moon ini merupakan peristiwa di mana posisi bulan dan bumi berada pada perige atau jarak terdekat yang mempengaruhi pola pasang air laut.

Sejumlah daerah yang patut mewaspadai gelombang pasang di antaranya, pesisir utara Jakarta, pesisir utara Jawa Barat, pesisir utara Jawa Tengah, pesisir utara Jawa Timur, dan pesisir Kalimantan Barat.

Hal ini berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan.

Masyarakat diimbau untuk selalu waspada, dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari fenomena tersebut. Selain itu, warga di daerah-daerah potensial terdampak diminta memperhatikan update informasi cuaca dari BMKG.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal