Film Animasi Karya Siswa SMK Kudus Raih Penghargaan Internasional

Antara ยท Kamis, 21 Januari 2021 - 13:52:00 WIB
Film Animasi Karya Siswa SMK Kudus Raih Penghargaan Internasional
Film animasi "Unstring Your Heart" karya SMK RUS Kudus berhasil meraih sejumlah penghargaan baik nasional maupun internasional. (Antara)

KUDUS, iNews.id – Prestasi membanggakan ditorehkan siswa siswa SMK Raden Umar Said (RUS) Kudus, Jawa Tengah. Film animasi berjudul "Unstring Your Heart" karya mereka berhasil meraih sejumlah penghargaan baik nasional maupun internasional.

Film yang bisa disaksikan melalui kanal Youtube ini berhasil meraih penghargaan HelloFest 2019, The 20th Kansas International Film Festival 2020, Canverra Short Film Festival 2020, Canberra Short Film Festival 2019, sampai Pune Short Film Festival 2019.

Kepala SMK RUS Kudus, Fariddudin dalam keterangan tertulis, mengatakan keberhasilan meraih prestasi ini berkat praktik kurikulum yang mengadopsi konsep “Merdeka Belajar” seperti dicanangkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim.

Konsep ini berhasil menggerakkan imajinasi dan kreativitas siswa, mentor maupun pendidik dan semua pihak yang terlibat. Dalam memproduksi film animasi "Unstring Your Heart", siswa bergerak sebagai pembelajar aktif yang merdeka.

Setelah dibekali pengetahuan dan ilmu dasar, siswa diberikan kesempatan untuk bergerak sesuai minat yang dipilihnya. 

"Proses mendalami berlanjut, dimana siswa akan terus menekuni bidang yang dipilihnya dengan menggunakan kurikulum yang disusun secara mandiri berdasarkan sasaran yang ingin dicapainya, tentunya di bawah bimbingan guru dan sekolah,” kata Fariddudin, Kamis (21/1/2021).

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: