FX Hadi Sebut Gibran Rakabuming Datang Tanyakan Mekanisme Pencalonan Wali Kota

Septyantoro ยท Rabu, 18 September 2019 - 19:24 WIB
FX Hadi Sebut Gibran Rakabuming Datang Tanyakan Mekanisme Pencalonan Wali Kota
Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo dan Gibran Rakabuming Raka memberi keterangan kepada wartawan usai bertemu di Lodji Gandrung, Solo, Jateng, Rabu (18/9/2019). (Foto: iNews/Septyantoro)

SOLO, iNews.idWali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo bertemu dengan Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka di rumah dinasnya di Lodji Gandrung, Solo, Rabu (18/9/2019). Pertemuan empat mata antara ketua PDI Perjuangan Solo itu dengan Gibran digelar tertutup.

Kunjungan anak pertama Jokowi itu hanya terpaut dua hari setelah PDI Perjuangan Solo menyerahkan nama pasangan yang diusung untuk Pilkada Solo 2020. Sebagaimana diketahui, PDI Perjuangan Solo memilih Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota untuk Pilkada Solo 2020.


FX Hadi dan Gibran menyampaikan hal berbeda saat ditanya mengenai pertemuan mereka. FX Hadi mengakui memang ada pembicaraan mengenai politik dalam pertemuan tersebut. Gibran menanyakan soal mekanisme pencalonan wali kota Solo dari PDI Perjuangan.

“Nanya-nanya, ya wajarlah. Nanya-nanya tentang bagaimana mekanisme pencalonan dan sebagainya, ya saya beri paparan aja,” kata FX Hadi.

FX Hadi mengatakan, semua orang berkesempatan menjadi bakal calon wali kota Solo. Termasuk para anak muda. Namun, PDI Perjuangan punya mekanisme sendiri.

“Semua bisa dapat kesempatan. Cuma persoalannya kita tidak publikasikan, harus anggota partai. Itu hak anak muda menyentuh Solo itu wajib supaya lebih maju. Dulu kan kotanya Presiden, mesti lebih baik dari kota yang lain. PDIP terbuka, wong kita juga tidak menutup kok, silakan kalau mau mendaftar,” katanya.

Sementara dalam pertemuan di rumah dinas FX Hadi itu, Gibran tampak tersipu mengungkapkan tujuannya datang temui wali kota. Gibran yang lebih dulu ditanya sebelum FX Hadi mengenai tujuan kedatangannya mengaku hanya untuk bersilaturahmi.

“Tujuannya silaturahmi aja, tukar pikiran aja, bicara tentang perkembangan Kota Solo, ya Kota Solo ini kan kota kecil, tetapi dinamis sekali. Intinya apa yang dilakukan oleh Pak Rudyatmo, sudah baik sekali dan membuat Solo lebih maju,” kata Gibran.

Namun, Gibran mengaku dirinya juga memberikan masukan kepada FX Hadi. Dia menilai Kota Solo membutuhkan sentuhan anak muda. “Sentuhan anak muda itu kreativitas anak muda, penggunaan teknologi, dan pemanfaatan sosial media,” katanya.

Apakah ada pesan yang disampaikan sang ayah kepada Gibran dalam pertemuan itu? “Tidak ada pesan apa-apa, saya ke sini mewakili diri saya sendiri. Kita enggak ada bicara politik, kita bicara yang lain,” kata Gibran.


Editor : Maria Christina