Ganjar Dorong Pemerintah Kaji Ulang Penghapusan Honorer: Saya WA Menteri Anas

Ahmad Antoni ยท Senin, 12 September 2022 - 18:44:00 WIB
Ganjar Dorong Pemerintah Kaji Ulang Penghapusan Honorer: Saya WA Menteri Anas
Gubernur Ganjar Pranowo menerima kunjungan kerja Komisi IX DPR masa persidangan I tahun 2022-2023 dalam rangka pengawasan terhadap tenaga kerja honorer. (Ist)

SEMARANG, iNews.id - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mendorong pemerintah pusat mengkaji ulang keputusan menghapus tenaga honorer pada 2023. Ganjar telah berkomunikasi langsung dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) yang baru, Azwar Anas.

Hal itu disampaikan Ganjar usai menerima kunjungan kerja Komisi IX DPR masa persidangan I tahun 2022-2023 dalam rangka pengawasan terhadap tenaga kerja honorer, Senin (12/9/2022). Kepada Menpan, Ganjar menyampaikan tiga pesan. 

"Pada saat dilantik saya WA, selamat pak Anas ada PR-PR penting. Satu kita selesaikan soal honorer, dalam konteks otonomi daerah dan kebutuhan. Maka kita bisa sharing," katanya.

Dia juga menyampaikan agar KemenPAN RB mengubah metode perekrutan PPPK. Tidak lagi mengandalkan tes potensi akademik, tetapi memaksimalkan skill sesuai dengan formasi.

"Wabil khusus untuk menyelesaikan honorer ini tolong yang punya pengalaman sudah puluhan tahun, belasan tahun, testingnya diubah. Tidak lalu menggunakan model testing potensi akademis tapi betul-betul skill, maka yang di kami di provinsi sudah lakukan itu," ujarnya.

Pesannya yang ketiga adalah agar Menteri Anas harus berpihak pada ASN kompeten dengan memberi reward dan kesempatan menduduki jabatan tertinggi.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: