Ganjar Pranowo Kenang Ibunda Jokowi: Anak Jadi Presiden, Masih Keliling ke Tetangga

Okezone, Taufik Budi · Kamis, 26 Maret 2020 - 06:17 WIB
Ganjar Pranowo Kenang Ibunda Jokowi: Anak Jadi Presiden, Masih Keliling ke Tetangga
Sudjiatmi Notomiharjo (kiri) dan Presiden Joko Widodo (Foto: Antara/Widodo S Jusuf)

SEMARANG, iNews.id - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengenang sosok ibunda Presiden Joko Widodo Sudjiatmi Notomiharjo yang wafat pada Rabu (25/3/2020). Dia mengingat bagaimana keramahan Sudjiatmi kepada tetangga meskipun anaknya menjadi Presiden Indonesia.

“Merakyatnya beliau ini yang seringkali membikin kita melihat sebagai ibu yang selalu bisa rendah hati dan ini terlihat betul seperti gayanya Pak Jokowi,” kata Ganjar, Rabu (25/3/2020).

Ganjar bercerita, sebelum Jokowi menjadi Presiden RI, dia sempat bertemu dengan mendiang Sudjiatmi dalam forum pengajian ibu-ibu di Solo. Sudjiatmi tampak akrab dengan sejumlah ibu-ibu lainya.

“Saya tidak tahu kalau Bu Noto ada di situ, acara pengajian dan kemudian beliau mengikuti campur dengan masyarakat. Nah pas terakhir saya baru dikasih tahu ternyata beliau ada di situ (di antara jamaah),” ucapnya.

Bahkan diakui Ganjar, sikap ramah ibunda presiden itu tidak berubah saat Jokowi resmi jadi pemimpin Indonesia. Menurut Ganjar sikap merakyat Sudjiatmi bisa menjadi teladan bagi semua orang.

“Bahkan seorang ibu yang anaknya jadi presiden, masih berkeliling bertemu tetangga kiri-kanan. Sosok ibu yang luar biasa, yang bisa memberikan teladan tidak hanya kepada anak-anaknya," katanya.

Ibunda Presiden Jokowi, Hj Sudjiatmi Notomiharjo wafat di Rumah Sakit Tentara (RST) Kota Solo, Rabu (25/3/2020) pukul 16.45 WIB. Jenazah almarhumah rencananya dimakamkan di Pemakaman Keluarga Mundu, Selokaton, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jateng, Kamis (26/3/2020) pada pukul 13.00 WIB.


Editor : Nani Suherni