Ganjar Pranowo Lepas Ekspor 10 Bus Tingkat Karya Anak Bangsa ke Bangladesh

Nani Suherni ยท Jumat, 21 Februari 2020 - 14:35 WIB
Ganjar Pranowo Lepas Ekspor 10 Bus Tingkat Karya Anak Bangsa ke Bangladesh
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo melihat bus double deckerKaroseri Laksana asal Kabupaten Semarang. (Foto: Dokumen Pemprov Jateng)

UNGARAN, iNews.id - Karya anak bangsa asal Jawa Tengah (Jateng) semakin moncer di dunia internasional. Terbaru, Bangladesh tertarik 10 bus double decker buatan Karoseri Laksana asal Kabupaten Semarang.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pun ikut prosesi pelepasan ekspor 10 bus tingkat tersebut pada Jumat (21/2/2020). Setibanya di lokasi, Ganjar langsung menjajal bus tingkat dengan panjang 14,4 meter dan tinggi 4,1 meter itu.

Kekagumannya semakin tinggi saat mendengar bus tingkat itu didesain oleh anak bangsa. Setelah menjajal bus, Ganjar bersemangat mengelilingi pabrik perakitan bus tersebut.

"Yang membuat saya semangat menggebu-gebu ya karena ini mau diekspor. Karoseri ini sudah ekspor ke beberapa negara. Yang sekarang ini ke Bangladesh," kata Ganjar dikutip dari situs resmi Pemprov Jateng, Jumat (21/2/2020).

Ganjar mengapresiasi pihak karoseri yang memanfaatkan fasilitas kemudahan ekspor pemerintah. Dia menegaskan pemerintah akan mendukung penuh kemajuan dunia usaha, khususnya yang berorientasi ekspor.

Menurutnya, ekspor merupakan salah satu upaya mempercepat pertumbuhan ekonomi Jateng. Terlebih, Jateng ditarget mampu mencatatkan pertumbuhan ekonomi tujuh persen pada 2023 mendatang.

Ganjar bahkan menawarkan diri menjadi tenaga marketing produk unggulan asal Jateng ke berbagai negara.

"Nanti saya bantu. Saya bisa telpon para dubes di negara yang prospektif untuk memasarkan produk ini. Ini bagus lho, mewah dan nggak kalah saing dengan produk luar negeri," ucapnya.

Sementara itu, Direktur Utama Laksana Iwan Arman menambahkan, karoserinya sudah beberapa kali mengekspor bus ke beberapa negara, di antaranya Fiji dan Timor Leste. Untuk seri double decker, ekspor ke Bangladesh menjadi yang pertama.

"Dalam waktu dekat, kami akan ekspor ke Filipina dan Thailand. Saat ini kami sedang penjajakan," kata Iwan.


Editor : Nani Suherni