Ganjar Pranowo Teriaki Emak-Emak di Pasar untuk Pakai Masker

Taufik Budi · Rabu, 08 April 2020 - 14:15:00 WIB
Ganjar Pranowo Teriaki Emak-Emak di Pasar untuk Pakai Masker
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menemui emak-emak di pasar (Foto: Dok Humas Pemprov Jateng)

SEMARANG, iNews.id - Kesadaran masyarakat untuk melindungi diri dari penyebaran Covid-19 dengan menggunakan masker ternyata masih rendah. Banyak warga termasuk emak-emak yang keluar rumah tanpa mengenakan masker.

Salah satunya ketika mereka berbelanja sayuran di sebuah kampung Kota Semarang Jawa Tengah. Saat asyik memilih aneka jenis sayuran, mereka dikagetkan dengan suara lantang seorang pria. Yang tak lain Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, yang tengah gowes keliling kampung. Dia menyampaikan pesan agar semua warga mengenakan masker ketika berada di luar rumah.

"Nek metu ngomah nganggo masker (kalau keluar rumah pakai masker), ben nek ngomong ora muncrat (biar kalau bicara tidak muncrat). Bu, nganggo masker kui sing dodol (itu yang jualan pakai masker)," kata Ganjar sambil berteriak, Rabu (8/4/2020).

Emak-emak yang asyik berbelanja terkejut dengan teriakan itu. Sadar yang sedang bicara merupakan pimpinannya, mereka kemudian mendekat dan menyampaikan keluhan mereka terkait masker.

"Masker larang Pak, angel digoleki (maskernya mahal pak, sulit dicari)," kata salah satu warga.

Menanggapi keluhan warga itu, lantas mengambil stok masker di sepedanya untuk dibagikan. Emak-emak yang sedang belanja dan tukang becak di sekitarnya segera mendekat.

"Nggawe dhewe iso (buat sendiri bisa), nganggo kain sarung, daster opo sprei (pakai sarung, daster atau sprei). Sing penting tengahe dikei tisu (yang penting tengahnya diberi tisu)," ucap Ganjar.

Editor : Nani Suherni