Ganjar Sambangi Rumah Mantan Anak Buah Noordin M Top, Ternyata Ini yang Dilakukan

Ahmad Antoni · Kamis, 04 Maret 2021 - 08:56:00 WIB
Ganjar Sambangi Rumah Mantan Anak Buah Noordin M Top, Ternyata Ini yang Dilakukan
Gubernur Ganjar Pranowo menyambangi rumah eks napiter yang memiliki usaha budidaya ikan lele dan minuman kopi di Jatisari, Gisikdrono, Semarang, Kamis (4/3/2021). (Istimewa)

SEMARANG, iNews.id  - Machmudi Hariono alias Yusuf  tampak begitu sibuk menyiapkan tempat di rumahnya, Gisikdrono Rt4/13 Kecamatan Semarang Barat, Kamis (4/3/2021) pagi. Didampingi beberapa warga, mantan narapidana terorisme (napiter) itu menata kursi serta membersihkan kolam-kolam lele yang ada di depan rumahnya.

Tak biasanya Yusuf melakukan itu, apalagi sampai dibantu beberapa warga. Namun pagi itu ia nampak sibuk karena mendengar  kabar Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo akan singgah ke rumahnya.

Dan, pada pukul 07.15 WIB Ganjar tiba di lokasi itu. Sambil gowes pagi, Ganjar menyempatkan mampir ke kediaman Yusuf yang juga Ketua Yayasan Persadani, yayasan yang menaungi eks napiter di Jawa Tengah.

Di tempat tersebut, Ganjar langsung ngobrol gayeng bersama Yusuf terkait proses reintegrasi sosial yang dilakukannya. Kepada Ganjar, mantan anak buah Noordin M Top yang pernah dihukum 10 tahun itu mengatakan bahwa ternak lele adalah cara untuk memuluskan proses reintegrasi sosial itu. Dengan cara itu, Yusuf dan beberapa rekan eks napiter di Semarang bisa dengan mudah diterima oleh masyarakat.

"Secara kejadian, saya dulu ditangkap di daerah sekitar sini. Saat itu masyarakat juga gempar, sehingga hari ini saya kembali ke sini dan menjadi warga sini sekaligus bertanggungjawab memulihkan rasa was-was di tengah masyarakat. Ini sebagai tanggungjawab moral saya pribadi," kata Yusuf.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2 3