GPDRR Bangun Kesadaran Masyarakat dalam Pengurangan Risiko Bencana

Anindita Trinoviana · Senin, 04 Juli 2022 - 17:10:00 WIB
GPDRR Bangun Kesadaran Masyarakat dalam Pengurangan Risiko Bencana
Event GPDRR 2022 dapat membangun kesadaran masyarakat dalam pengurangan risiko bencana. (Foto: Dok PT Axindo Infracom)

BATANG, iNews.id - Event bertaraf internasional Forum The 7th Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 yang telah digelar pada 23 sampai 28 Mei 2022 di Bali guna menghadapi berbagai ancaman terhadap kemanusiaan, termasuk bencana ekologis.

Saat ini, dunia menghadapi berbagai ancaman kemanusiaan, mulai dari wabah virus hingga bencana ekologis yang dapat berdampak buruk pada kelangsungan hidup manusia.

Faktor aktivitas manusia inilah yang membedakan antara bencana lingkungan dari gangguan lainnya seperti bencana alam, maupun tindakan perang yang disengaja seperti bom nuklir. 

Platform Global ini merupakan seruan bagi negara-negara untuk mempercepat implementasi seluruh prioritas Kerangka Sendai guna menghentikan laju peningkatan dampak dan risiko bencana.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pun menegaskan bahwa, Indonesia berkomitmen dan bersungguh-sungguh dalam upaya pengurangan risiko bencana. 

Dalam rangkaian agenda yang mempertemukan seluruh delegasi dari berbagai negara di Bali Nusa Dua Conventions Center (BNDCC), Bali, telah lahir tujuh rekomendasi agenda Bali untuk resiliensi bencana.

Salah satu dari tujuh rekomendasi tersebut yaitu, menerapkan pendekatan partisipatif dan berbasis HAM, untuk memasukkan semua sesuai prinsip dalam perencanaan risiko bencana, dan implementasinya pada masyarakat yang berisiko.

Editor : Anindita Trinoviana

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: