Gubernur Ganjar Pranowo: Saya Tak Pernah Ambil Gaji Gubernur dari 2013

Sindonews, Taufik Budi ยท Sabtu, 02 Mei 2020 - 16:55 WIB
Gubernur Ganjar Pranowo: Saya Tak Pernah Ambil Gaji Gubernur dari 2013
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membagikan 2.164 paket sembako kepada buruh (Foto: iNews/Taufik Budi)

SEMARANG, iNews.id - Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, mengaku tak pernah mengambil gajinya sejak 2013. Karena itu, dia berkomitmen menyumbangkan seluruh gajinya tersebut untuk penanganan virus corona.

Sebelumnya, dia sempat mengusulkan pemotongan 50 persen pendapatan ASN untuk penanggulangan pandemi ini. Usulan itu disampaikan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbang) yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kamis (30/4/2020) lalu.

"Maka tadi ada yang nanya, gubernur berani tidak gajinya dipotong 85 persen. Maaf, untuk gaji tidak pernah saya ambil sejak 2013, saya kembalikan," kata Ganjar di Kota Semarang, Jateng, Sabtu (2/5/2020).

Bahkan Ganjar menegaskan, bukan sekadar gaji, seluruh pendapatnya pun siap dipotong untuk penanganan Covid-19. Menurut dia, jika seluruh kepala daerah, bahkan sampai pusat punya komitmen seperti itu, akan memberi energi positif pada penanganan virus corona.

"Ini untuk menunjukkan komitmen, tidak perlulah kita bicara satu tahun, tapi satu bulan, dua atau tiga bulan itu sudah bagus kita untuk kontribusi itu," ujar dia.

Ganjar berharap pemotongan pendapatan ASN menjadi spirit berbagi saat negara dalam kondisi krisis. Makanya dalam Musrenbang tersebut, untuk pemotongan pendapatan diambil contoh ASN golongan tiga.

"Sebenarnya bukan soal golongannya, bukan persentasenya. Kalaulah soal gradual bisa dilakukan, dimulai saja dari pejabatnya dulu," ujarnya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal