Hadapi Tuntutan Zaman, Pendamping Desa Harus Adopsi Sistem Digital

Antara ยท Rabu, 30 November 2022 - 20:58:00 WIB
Hadapi Tuntutan Zaman, Pendamping Desa Harus Adopsi Sistem Digital
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar meminta pendamping desa mengoptimalisasi sistem digital. (Foto: Kemendes PDTT)

JAKARTA, iNews.id – Para pendamping desa diminta mengadopsi sistem digital dalam pelaksanaan pendampingan kepada masyarakat. Upaya itu penting untuk menghadapi tuntutan zaman yang serba digital.

Hal itu diungkapkan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar saat membuka seminar The first International Conference on Empowerment of Rural Communities di Jakarta, Rabu (30/11/2022). 

Menurut Gus Halim, sapaan akrab Abdul Halim Iskandar, adopsi sistem digital ini agar sesuai dengan tuntutan zaman, di mana digitalisasi menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan. Masyarakat desa pun dituntut untuk bisa beradaptasi secara cepat dan tepat.

"Diperlukan pengaturan dalam sinergi pemberdayaan, kegiatan pemberdayaan perlu juga mengadaptasi sistem digital, perlu penguatan dan pembelajaran, penting juga kegiatan pemberdayaan menangkap berbagai praktik baik dari lapangan, untuk dapat direplikasi di lapangan lainnya,” kata Gus Halim.

Gus Halim mengatakan, sinergitas kegiatan pemberdayaan dan pendampingan bisa berjalan dengan baik, cepat mencapai tujuan pembangunan, sesuai dengan kaidah-kaidah pemberdayaan, serta dapat menjawab tantangan zaman saat ini.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: