Harga Kedelai Naik, Produksi Perajin Tahu Tempe di Kendal Tetap Stabil

Eddie Prayitno ยท Sabtu, 01 Oktober 2022 - 20:50:00 WIB
Harga Kedelai Naik, Produksi Perajin Tahu Tempe di Kendal Tetap Stabil
Penjualan kedelai di Koperasi Tahu Tempe (Kopti) Harum, Kecamatan Kendal Kota, Kabupaten Kendal yang masih stabil. Foto: Eddie Prayitno.

KENDAL, iNews.id – Sejumlah perajin tahu tempe di Kabupaten Kendal tetap berproduksi meskipun harga kedelai mengalami kenaikan. Penjualan kedelai di koperasi tahu tempe juga masih stabil. 

“Harga kedelai naik sejak Agustus lalu, tetapi hingga saat ini penjualan cenderung stabil. Rata-rata masih mencapai 5 ton per hari. Bahkan terkadang mengalami peningkatan di atas 5 ton per hari,” kata Bagian Pemasaran Koperasi Tahu Tempe (Kopti) Harum di Kecamatan Kendal Kota, Roni, Sabtu (1/10/2022). 

Harga kedelai pada Agustus 2022 sebesar Rp12.100 per kilogram dan terus merangkak naik. Sedangkan saat ini mencapai Rp12.850 per kilogram.

Perajin tempe di Kelurahan Kebondalem Kendal, Imronah mengatakan, produksi masih tetap stabil untuk memenuhi pelanggan. 

“Bahkan jika ada pesanan, praktis pesanan tempe yang dibuat semakin bertambah,” kata Umronah. 

Hal senada diungkapkan perajin tempe di Desa Kebonharjo, Kecamatan Patebon, Ahmad Haris. Produksi tempe masih stabil dan per hari mencapai 15 kilogram kedelai. 

Meskipun harga kedelai naik, namun untuk sementara para perajin tempe tidak menaikkan harga. Namun hanya mengurangi sedikit ukuran agar tidak kehilangan pelanggan. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Bagikan Artikel: