Idap Penyakit Komplikasi, Bocah Usia 9 Tahun di Blora Hanya Berbobot 7,3 Kg

Heri Purnomo · Rabu, 03 Agustus 2022 - 16:33:00 WIB
Idap Penyakit Komplikasi, Bocah Usia 9 Tahun di Blora Hanya Berbobot 7,3 Kg
Kondisi RSDP, bocah asal Kabupaten Blora yang menderita penyakit komplikasi. Foto: iNews/Heri Purnomo.

BLORA, iNews.id - Seorang bocah asal Kecamatan Japah, Kabupaten Blora  menderita penyakit komplikasi. Dengan usia 9 tahun, ia hanya memiliki berat badan sekitar 7,3 kilogram.

Bocah itu berinial RSDP, anak pertama dari Arohma (37). "Semua bermula saat berusia 3 tahun, atau setahun setelah ayah kandungnya meninggal dunia," kata Arohma, Rabu (3/8/2022).

Ia kaget setelah dokter memberitahukan penyakit yang diderita anaknya tersebut. "Kata dokter sakit komplikasi, paru-paru pasti ada, terus B20. Saya kaget, bapaknya kan perantauan," katanya. 

Arohma menjelaskan, anaknya mengalami pertumbuhan lambat sejak berusia 3 tahun dengan badan sulit untuk naik. Di usianya yang menginjak 9 tahun, RSDP saat ini hanya memiliki berat badan sekitar 7,3 kilogram.

Beragam upaya telah dilakukan oleh keluarga agar bocah tersebut dapat sehat dan normal seperti teman-teman sebayanya. Pengobatan di Blora, Semarang dan beberapa tempat lainnya telah dilakukan secara rutin.

Sementara untuk biaya pengobatannya, keluarga merogoh koceh sekitar Rp400.000 untuk sekali berobat. "Berobatnya dikasih gratisan, kalau mobilnya rombongan dari rumah sakit, dan saat ini pakai mobil siaga milik desa," katanya. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: