Imbas Corona, PT KAI Daop 4 Semarang Rugi Rp1 Miliar per Hari

Donny Marendra ยท Selasa, 14 April 2020 - 21:15 WIB
Imbas Corona, PT KAI Daop 4 Semarang Rugi Rp1 Miliar per Hari
Kereta api sepi penumpang imbas wabah corona. (Foto: iNews/Gunanto Farhan)

SEMARANG, iNews.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 4 Semarang mengalami kerugian rata-rata Rp1 miliar rupiah per hari imbas wabah corona (Covid-19).

Selain karena pembatalan perjalanan kereta dari Semarang ke Jakarta maupun ke kota-kota lain di Jawa Barat dan Jawa Timur, merosotnya pendapatn juga akibat tingkat okupansi perjalanan kereta lokal yang terus merosot tajam.

Humas KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro mengatakan, penurunan pendapatan sudah terjadi sejak 16 Maret 2020. Jika biasanya rata-rata pemasukan tiap hari dari Rp1,2 miliar, kini turun menjadi R114 juta.

“Penurunan ini terkait karena pembatalan perjalanan kereta dari Semarang ke jakarta dan juga tingkat okupansi perjalanan kereta lokal yang merosot tajam,” katanya, Selasa (14/4/2020).

Krisbiyantoro menjelaskan, untuk menekan angka kerugian tersebut, PT KAI akan kembali membatalkan sejumlah perjalanan kereta. “Penghentian sementara kereta ini untuk mengurangi biaya operasional perjalanan,” ucapnya.

Setelah mambatalkan perjalanan kereta api ke Jakarta, rencananya KAI Daop 4 Semarang kembali akan membatalkan perjalanan kereta api lokal Kaligung dan Kedungsepur mulai 15 hingga 30 April 2020.

Pembatalan dua KA local itu karena okupansi penumpang kedua kereta sangat menurun tajam. Selain membatalkan perjalanan kereta api lokal, perjalanan KA Ciremai Pagi tujuan Semarang-Bandung juga turut dibatalkan per 14-30 April 2020.

Sebagai alternatif, Krisbiyantoro mempersilakan masyarakat menggunakan KA Harina, Joglosemarkerto, Kamandaka dan Maharani untuk perjalanan tujuan Bandung, Tegal, Purwokerto, Surabaya, serta Jakarta.


Editor : Kastolani Marzuki