Ini Faktor Penyebab Tingginya Curah Hujan hingga Pertengahan Juni 2022

Binti Mufarida ยท Senin, 20 Juni 2022 - 13:10:00 WIB
 Ini Faktor Penyebab Tingginya Curah Hujan hingga Pertengahan Juni 2022
Curah hujan tinggi masih terjadi di sejumlah wilayah Indonesia (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id - Intensitas hujan masih cukup tinggi di sebagian besar wilayah Indonesia pada pertengahan bulan Juni 2022. Secara umum, La Nina moderat masih menjadi salah satu penyebab tingginya curah hujan.  

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan pantauan hari tanpa hujan berdasarkan citra satelit cuaca pada tanggal 15 Juni 2022 menunjukkan bahwa umumnya sebagian besar wilayah Indonesia masih mengalami hujan atau paling tidak sebagian wilayah mengalami hari tanpa hujan berturut-turut dalam rentang antara 1 hingga 5 hari.

“Masih seringnya hujan bahkan dengan intensitas sangat lebat menyebabkan terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, dan tanah longsor di beberapa wilayah pada bulan Juni ini,” kata prakirawan BMKG, Dea Nurina Bestari dari YouTube resmi BMKG, Senin (20/6/2022).   

Tingginya curah hujan di sebagian wilayah Indonesia pada bulan Juni, kata Dea, tidak hanya dipengaruhi oleh faktor La Nina namun dipengaruhi juga oleh dinamika atmosfer harian yang labil dan dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan.

Dea menjelaskan beberapa faktor yang menyebabkan tingginya curah hujan saat ini antara lain, faktor pertama yaitu masih hangatnya muka laut di beberapa wilayah Indonesia dibandingkan dengan normalnya yang ditandai dengan nilai anomali suhu muka laut positif.

“Kondisi ini akan mendukung peningkatan suplai uap air sebagai sumber pembentukan awan-awan hujan. Selain itu masih tingginya kelembaban udara di sekitar wilayah Indonesia akan semakin mendukung pertumbuhan awan hujan yang lebih intens,” katanya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: