Ini Tips Psikolog Pendidikan UNS saat Memilih Program Studi di Perguruan Tinggi

Ary Wahyu Wibowo ยท Jumat, 22 April 2022 - 09:41:00 WIB
Ini Tips Psikolog Pendidikan UNS saat Memilih Program Studi di Perguruan Tinggi
Ilustrasi mahasiswa kuliah. Foto: dok.

SOLO, iNews.id - Psikolog Pendidikan Fakultas Psikologi Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Afia Fitriani S.Psi  M.Psi memberikan sejumlah pertimbangan ketika memilih program studi (prodi) saat masuk ke perguruan tinggi. Penentuan prodi menjadi salah satu jalan dalam penentuan karier ke depan.

“Ada beberapa hal yang dapat menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan pilihan prodi, misalnya saja mengenali minat, bakat, dan potensi bidang kerja,” kata Afia Fitriani melalui siaran pers Humas UNS, Jumat (33/4/2022). 

Afia memberikan beberapa tips bagi siswa dalam membantu menentukan prodi yang sesuai baginya. Pertama, siswa dapat mulai mengenali minat mereka terlebih dahulu. 

Caranya adalah dengan menelaah hobi yang dimiliki atau aktivitas lain yang digemari. Hobi tersebut dapat siswa jadikan opsi tentang hal yang ingin mereka dalami lebih jauh. Tuliskan hobi-hobi tersebut berdasarkan prioritas.

Kedua, gali bakat yang dimiliki. Minat siswa perlu didukung dengan adanya bakat. Salah satu caranya dengan melihat rekam jejak nilai akademik selama bersekolah. Tugas-tugas dari setiap aktivitas yang berhasil dikerjakan dengan baik juga bisa mengindikasikan keberadaan bakat. 

Selain itu, mengetahui bidang-bidang ilmu yang dipahami siswa juga dapat mempermudah mereka. Tuliskan juga bakat yang sudah dikenali berdasarkan prioritas.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Bagikan Artikel: