Jembatan Ambrol, Aktivitas Warga 2 Desa di Kendal Terganggu

Eddie Prayitno ยท Senin, 13 Januari 2020 - 17:23 WIB
Jembatan Ambrol, Aktivitas Warga 2 Desa di Kendal Terganggu
Pondasi jembatan penghubung dua desa di Kecamatan Weleri, kendal, ambrol akibat diguyur hujan deras, Senin (13/1/2020). (Foto: iNews/Eddie Prayitno)

KENDAL, iNews.id – Aktivitas perekonomian warga Desa Nawangsari dan Sumberagung, Kecamatan Weleri, Kendal terganggu akibat pondasi jembatan penghubung dua desa itu ambrol setelah diguyur hujan deras dalam beberapa hari terakhir, Senin (13/1/2020).

Mengantisipasi hal yang tidak diinginkan karena kodnisinya membahayakan, jembatan tersebut ditutup sementara. Akibatnya, warga terpaksa memutar arah mencari jalan lain.

Pondasi jembatan sepanjang 60 meter dan lebah 150 cm itu ambles dan miring setelah hujan deras mengguyur  wilayah Kendal dalam beberapa hari terakhir. 

Warga Desa Nawangsari, Rodiyah mengaku mendengar suara gemuruh saat jembatan tersebut ambrol. “Waktu hujan deras hari Minggu sore (12/1/2020), sekitar jam 3 pagi  terdengar  suara  gemuruh. Setelah dilihat dari luar ternyata  pondasi  jembatan ambrol dan longsor sebagian,” katanya, Senin (13/1/2020). 

BACA JUGA: Banjir Kendal Terus Meluas, Arus Lalin di Pantura Pekalongan Tersendat 

Dia menuturkan, jembatan tersebut sangat vital karena merupakan penghubung dua desa. Jembatan itu juga akses perekonomian warga. “Kalau mau ke Pasar Weleri ya lewat jembatan itu. Sekarang, warga harus memutar jalan sekitar 3 km,” ucapnya.

Kepala Desa Nawangsari, Ali Ridho mengatakan, jembatan tersebut sudah pernah diperbaiki. Namun jembatan kembali ambrol karena kondisi tanah dan konstruksi jembatan yang tidak mampu menahan beban.

“Tahun lalu, jembatan ini sempat putus akibat banjir. Sudah diperbaiki lagi oleh pemkab dengan menambah tiang penyangga menggunakan besi,” ujarnya.

Ali berharap Pemkab Kendal  bisa segera memperbaiki jembatan tersebut dan dibuat lebih kuat. Sebab, jembatan tersebut  berdekatan dengan jembatan kereta api.


Editor : Kastolani Marzuki