Jenazah Sudjiatmi Notomiharjo Ibunda Jokowi Tiba di Rumah Duka di Solo

Antara, Rizal Bomantama ยท Rabu, 25 Maret 2020 - 19:03 WIB
Jenazah Sudjiatmi Notomiharjo Ibunda Jokowi Tiba di Rumah Duka di Solo
Ambulans yang membawa jenazah Ibunda Jokowi almarhumah Hj Sdujiatmi Notomiharjo tiba di rumah duka. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id –  Jenazah almarhumah Hj Sudjiatmi Notomiharjo, Ibunda Presiden Jokowi sudah tiba di rumah duka Jalan Pleret Raya No 9 A Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, pukul 18.41 WIB.

Almarhumah menghadap Sang Khalik, Rabu (25/3/2020) sekitar pukul 16.45 WIB di Rumah Sakit Tentara (RST) Slamet Riyadi Solo setelah sempat dirawat beberapa hari.

Ibunda Jokowi tutup usia pada 77 tahun. Menurut pantauan di lokasi RST Slamet Riyadi mulai disterilisasi oleh aparat keamanan. Pihak Istana telah mengonfirmasi Presiden telah tiba Di rumah duka.

"Innalillahi wa innaillaihi rojiun, telah  ke rahmatullah Ibu Hj. Sujiatmi Notomiharjo, Ibunda Bapak Presiden Joko Widodo di Solo, Rabu, 25 Maret 2020 pada pukul 16.45 WIB," ujar Kepala Biro Pers Media Sekrerariat Presiden, Bey Machmudin, Rabu (24/3/2020).

Bey mengatakan, saat ini Presiden Jokowi telah tiba di Solo pada pukul 17.52 WIB.

Hj Sudjiatmi Notomiharjo pada 15 Februari 1943 dan kemudian menikah dengan Widjiatno Notomihardjo dan memiliki empat orang anak.

Jokowi adalah anak pertama dari kedua pasangan suami-istri itu. Jokowi lahir di Solo, Jawa Tengah, 21 Juni 1961. Presiden Jokowi memang sangat dekat dengan ibundanya itu. Dia selalu meminta restu kepada sang ibu ketika akan berkompetisi di Pilkada ataupun Pilpres.

Tidak ketinggalan putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, meminta restu eyang putrinya saat ingin maju dalam Pilkada Solo.

Sebelumnya, kabar wafatnya Ibunda Jokowi diungkapkan pengasuh Pondok Pesantren Tegalrejo KH Yusuf Chudlori. Ketua DPW PKB Jateng itu menyampaikan belasungkawa dan doa untuk almarhumah.

“Innalillahi wainna ilaihi rojiun...barusan mendapat khabar dari solo ibunda bp @jokowi wafat , semoga almarhumah husnul khotimah...tetap kuat bapak , alfatihah..,” ujar Gus Yusuf melalui akun Twitter, dikutip Rabu sore.

Putra almarhum Gus Sholah, Ipang Wahid juga menyampaikan hal senada. Dia turut berbelasungkawa atas meninggalnya Ibunda Kepala Negara tersebut. Hal sama juga diucapkan Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar.

“Innalillahi Wa Inna Illaihi Rojiun. Saya dan keluarga besar PKB berduka cita atas wafatnya Ibunda Pak Presiden @jokowi. Semoga almarhumah ibunda husnul khotimah, diberikan tempat yg terbaik dan seluruh keluarga diberikan ketabahan. Tetap semangat Pak Presiden!,” ucap Cak Imin.


Editor : Kastolani Marzuki