Jenderal Sudirman dan Pangeran Diponegoro Razia Kendaraan di Kudus

Nur Choiruddin ยท Jumat, 10 November 2017 - 13:20 WIB
Jenderal Sudirman dan Pangeran Diponegoro Razia Kendaraan di Kudus
Anggota kepolisian dari Polres Kudus melakukan razia sekaligus sosialisasi terhadap pengguna jalan. (foto:iNews/Nur Choiruddin)

KUDUS, iNews.id - Para pengguna jalan yang melintas di Jalan Agil Kusumadya, Kudus, Jawa Tengah, Kamis (09/11/2017) dibuat terperangah. Pasalnya ada pemandangan tak lazim di hadapan mata mereka. Bukannya polisi, namun kali ini ada tokoh pahlawan nasional dan tentara veteran yang menggelar razia kendaraan.

Dua diantara pahlawan nasional yang hadir kala itu yakni Pangeran Diponegoro dan Jenderal Sudirman. Bukan hanya memerika surat-surat kelengkapan kendaraan, keduanya juga memberikan himbauan kepada para pengendara untuk tertib berlalu lintas.

Para pahlawan nasional dan tentara veteran itu diperankan anggota Polres Kudus. Mereka sengaja mengenakan kostum tersebut dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November ini.

Banyak pengendara kendaraan yang mengaku tidak hafal dua tokoh nasional tersebut. Namun tak sedikit pula yang terhibur dan justru mengajak para anggota polisi untuk berswafoto.

Ariyanto, salah seorang pengendara sepeda motor yang melintas di ruas jalan tersebut mengaku sempat kaget melihat para pahlawan tersebut. “Saya banyak yang gak begitu kenal pahlawannya. Tapi ya bagus sih, yang penting kan kendaraan makin tertib,” ujarnya.

Para pahlawan nasional dan tentara veteran yang hadir membawa berbagai poster himbauan untuk tertib lalu lintas. Selain itu, mereka juga membawa sejumlah poster bergambar pahlawan nasional.

Wakapolres Kudus, Kompol M Ridwan yang memimpin operasi tersebut mengatakan, dalam memperingati Hari Pahlawan, polres kudus sengaja membuat tema razia pahlawan. “Diharapkan agar masyarakat tidak takut dengan razia polisi dan juga mendekatkan polisi dengan masyarakat,” ujarnya.

Dalam razia tersebut, polisi menilang sedikitnya seratus pengendara kendaraan. Rata-rata mereka belum memiliki Surat Izin Mengemudi dan lupa membawa surat kelengkapan kendaraan.


Editor : Himas Puspito Putra