Jokowi Akan Berkunjung ke Rusia dan Ukraina, Begini Persiapan Paspampres

Raka Novianto ยท Kamis, 23 Juni 2022 - 17:34:00 WIB
 Jokowi Akan Berkunjung ke Rusia dan Ukraina, Begini Persiapan Paspampres
Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo. (Dok)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan akan berkunjung ke Rusia dan Ukraina pada akhir Juni 2022. Pasukan pengawal presiden (Paspampres) pun telah melakukan persiapan untuk mengawal Jokowi.

Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan 39 personel yang akan mendampingi Presiden Jokowi.

"Kalau kita sendiri yang melekat ke beliau ada 19 ditambah yang matannya sendiri 10 di sana, berarti 29 ditambah dengan 10 orang uang sudah standby di sana," kata Tri Budi kepada wartawan, Kamis (23/6/2022).

Dia menjelaskan persiapan timnya dalam mengawal Presiden Jokowi. Di antaranya beberapa minggu lalu pihaknya sudah mulai latihan hingga hari ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tak terduga.

"Contohnya penyelamatan dari kereta api, penyelamatan di stasiunnya sendiri, di jalan seperti apa, meng-escape beliau itu kita sudah latihan, itu dari teknisnya," katanya.

Dari sisi personel, sebut dia, pihaknya telah menyiapkan tim penyelamatan khusus yang tidak dibawa sebelumnya pada saat acara atau kunjungan kerja Presiden Jokowi. Tim penyelamat tersebut dikhususkan dalam kunjungan Presiden Jokowi ke Rusia dan Ukraina.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: