Jokowi Lepas Sepasang Elang Jawa di Taman Nasional Gunung Merapi

Nani Suherni ยท Jumat, 14 Februari 2020 - 13:14 WIB
Jokowi Lepas Sepasang Elang Jawa di Taman Nasional Gunung Merapi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melepasan sepasang elang di Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) di Kabupaten Magelang, Jumat (15/2/2/2020). (Foto: Dokumen BNPB)

MAGELANG, iNews.id - Presiden Joko Widodo melepas sepasang Elang Jawa dan menanam pohon di kawasan Jurang Jero Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (14/2/2020). Elang yang dilepas Jokowi itu bernama Abu (jantan) dan Rossy (betina).

Menurut Jokowi, area TNGM bisa menampung enam pasang elang. Tetapi, untuk sementara hanya sepasang yang dilepaskan.

"Sebenarnya kawasan ini mampu menampung enam pasang burung elang, tetapi yang dilepas hari ini hanya sepasang," kata Jokowi, Jumat (15/2/2020).

Abu dan Rossy diketahui masih berusia tiga tahun. Jokowi menambahkan, Elang Jawa di kawasan TNGM sering kali ditemui di daerah perbukitan lereng Gunung Merapi yang kondisi hutannya masih sangat baik dan di daerah lembah yang terjal.

Usai melepas elang, Jokowi menanaman pohon jenis Pulai dan vetiver sebagai bentuk formasi Vetiver System untuk penguatan struktur tanah yang juga diikuti oleh masyarakat sekitar. Penanaman tersebut bertujuan untuk menghijaukan kembali lahan-lahan yang masih minim tanaman.

Harapannya, ke depan selain dapat memberikan oksigen yang baik juga dapat mencegah terjadinya bencana seperti banjir dan tanah longsor. Selain Pulai dan vetiver, peserta lain dari Pentahelix juga menanam jenis tanaman kuat seperti belimbing, alpukat, durian dan sebagainya.

"Kita juga ingin memulai penanaman kembali atau reboisasi di kawasan yang sering banjir, longsor dengan penanaman vetiver dan tanaman yang fungsi hijaunya dan ekonomisnya juga ada dan itu yang akan terus kita dorong," ujarnya..

Dalam kegiatan ini, Jokowi terlihat didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Dilansir dari siaran pers resmi Istana, agenda Jokowi selama di Yogyakarta dan Magelang yakni, mengunjungi TNGM untuk penanaman pohon pulai alstonia scholaris serta melepaskan burung elang Jawa.

Dihari yang sama, Jokowi akan mengunjungi Hutan Wanagama di Kabupaten Gunungkidul.


Editor : Nani Suherni