Kebo Bule Keraton Solo Mati jelang 1 Suro, Pertanda Apa?

Antara, Ahmad Antoni ยท Jumat, 22 Juli 2022 - 14:04:00 WIB
Kebo Bule Keraton Solo Mati jelang 1 Suro, Pertanda Apa?
Seekor kebo bule milik Keraton Surakarta mati akibat terpapar PMK. AntaraHO-Dokumentasi Keraton Surakarta).

SOLO, iNews.id – Seekor kebo bule milik Keraton Kasunanan Surakarta (Keraton Solo) mati akibat terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK), Kamis (21/7/2022). Kebo bule mati dalam usia 20 tahun.

Kebo bule betina ini mati menjelang peringatan 1 Muharram tahun baru Islam atau yang biasa disebut 1 Suro. Pada tahun 2022, peringatan 1 Suro jatuh pada hari Sabtu, 30 Juli.

Dalam peringatan 1 Muharram, Keraton Solo selama ini menggelar tradisi kirab malam 1 Suro. Namun pihak Keraton Solo belum memutuskan terkait penyelenggaraan kirab malam 1 Suro.

Untuk diketahui, kebo bule erat kaitannya dengan perayaan malam 1 Suro. Dalam tradisi di Solo, kebo bule menempati barisan terdepan sebagai cucuk lampah barisan kirab. Bahkan kirab tidak akan terlaksana jika kebo bule tidak keluar dari kandangnya.

Kirab kebo bule diawali dari halaman keraton. Kerbau-kerbau yang selalu diiringi pawangnya yang berpakaian putih, celana hitam, ikat kepala, samir, summing gajah ngoling (rangkaian bunga melati yang dipasang di telinga)

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: