Keindahan Dusun Girpasang Klaten, Desa Terpencil di Kaki Gunung Merapi

Ahmad Antoni ยท Minggu, 02 Agustus 2020 - 11:30 WIB
Keindahan Dusun Girpasang Klaten, Desa Terpencil di Kaki Gunung Merapi
Keindahan desa terpencil di kaki Gunung Merapi. (Foto: iNews/Ahmad Antoni).

KLATEN, iNews.id - Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, tertarik untuk mengembangkan potensi wisata di Dusun Girpasang, Kabupaten Klaten. Desa terpencil di kaki Gunung Merapi itu masih sangat asri.

"Ini bagus, bisa dikembangkan jadi destinasi wisata unggulan. Ini keren," kata Gubernur Ganjar saat berkunjung ke Kabupaten Klaten, Jateng, Sabtu (1/8/2020).

Untuk mencapai dusun tersebut, harus melewati jurang dengan kedalaman hingga 150 meter. Jalan meliuk menjadi akses warga mendatangi tempat tersebut. Lalu disiapkan gondola kecil untuk angkutan barang.

Setibanya di sana, hanya ada sembilan rumah yang dihuni 12 kepala keluarga. Total ada 37 orang yang berdomisili di Dusun Girpasang, Desa Telogomulyo, Kecamatan Kemalang.

"Memang PR saya yang belum selesai soal jembatan di sini. Sebenarnya sudah saya usulkan ke Kementerian PUPR dan sudah disetujui, namun karena pandemi Covid-19, jadi ditunda dulu," ujar dia.

Akses jembatan ini, kata dia, hanya untuk kondisi darurat saja. Akses utama yang ada saat ini, dia menyebut, akan menjadi jalur utama. Sebab menjadi daya tarik wisata.

"Saya minta pak Kades bergerak dengan menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata. Ini pasti keren kalau dikelola dan dipasarkan kepada wisatawan," katanya.

Sementara itu Kepala Desa Tegalmulyo, Sutarno, sepakat dengan usulan Ganjar. Sebab dusun tersebut memang sudah disiapkan untuk menjadi destinasi wisata, karena punya keunikan tersendiri.

"Namun memang karena kondisi saat ini, belum bisa maksimal," ujar dia.

Menurut Sutarno, masih banyak sarana prasarana yang harus dipenuhi untuk menjadikan Dusun Girpasang layak menjadi objek wisata. Sementara, keuangan desa sangat terbatas.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal