Kelenteng Po An Thian Pekalongan Gelar Kirab Ritual dan Budaya Imlek 2020

Suryono Sukarno · Sabtu, 08 Februari 2020 - 02:30 WIB
Kelenteng Po An Thian Pekalongan Gelar Kirab Ritual dan Budaya Imlek 2020
Kelenteng Po An Thian Pekalongan menggelar kirab ritual dan budaya imlek 202O, Jumat (7/2/2020). (Foto: iNews/Suryono)

PEKALONGAN, iNews.id - Kelenteng Po An Thian Pekalongan menggelar kirab ritual dan budaya imlek 202O, Jumat (7/2/2020). Kirab yang digelar di hari ke-14 Imlek mendapat sambutan meriah dari masyarakat. Kirab itu untuk menyambut Cap Go Meh Tahun Baru Imlek 2571 Kongzili / 4718 Huangli.

Kirab ini dimulai dari depan kelenteng kemudian menempuh rute di sejumlah jalan protokol Kota Pekalongan dan kembali finish di halaman kelenteng.

Acara tersebut merupakan cerminan dari penghargaan keberagaman yang ada di Kota Pekalongan. Karena pesertanya tak hanya dari Umat Konghucu, namun juga umat dari agama lain yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB).

Wali kota Pekalongan HM Saelany Machfudz mengaku sangat mengapresiasi acara ini. " Ini adalah bukti bahwa keberagaman di Kota Pekalongan bisa hidup berdampingan dan tumbuh dengan subur," katanya.

Wali Kota menunjukkan penonton dan peserta kirab yang tak hanya dari golongan tertentu. "Ini juga menunjukkan akulturasi budaya dari berbagai suku bangsa dan ras bisa bertahan bahkan berkembang dengan baik,” ucapnya.

Jika dikelola dengan baik, kata dia, acara tersebut bisa menjadi destinasi wisata tahunan di Kota Pekalongan. Ritual ini selain mengarak Joli yang berisi dewa Dewi yang dipuja dalam agama Konghucu juga dimeriahkan dengan Marching Band SMK SUPM Nusantara Batang, Kesenian Rampak, FKUB Pekalongan, Sasana Barongsai dan Liong Pekalongan, dan Toa Kok Tui Klenteng Po An Thian Pekalongan.

Hadir dalam acara ini anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Habib Lutfi Bin Ali bin Yahya, Walikota Pekalongan HM Saelany Machfudz, Ketua DPRD Balgies Diab dan sejumlah anggota Forkompimda lainya.


Editor : Kastolani Marzuki