Kembangkan Kambing Etawa, Desa di Lereng Merapi Ini Berhasil Keluar dari Kemiskinan

Ahmad Antoni · Kamis, 02 Juni 2022 - 05:00:00 WIB
Kembangkan Kambing Etawa, Desa di Lereng Merapi Ini Berhasil Keluar dari Kemiskinan
Desa Tangkil, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten yang mulanya tercatat sebagai desa miskin di Jateng kini sukses mengembangkan peternakan kambing etawa. (IST)

KLATEN, iNews.id – Desa Tangkil, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten yang mulanya tercatat sebagai desa miskin di Jawa Tengah, kini telah berbenah. Mereka sukses mengolah potensi yang mampu mengangkat taraf hidup masyarakat. 

Kemajuan di Desa Tangkil terjadi setelah dilakukan program binaan satu OPD satu Desa oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Desa Tangkil yang berada di wilayah lereng Gunung Merapi mendapat binaan langsung dari Balai Kesehatan Masyarakat (Balkesmas) wilayah Klaten pada tahun 2021. Selama satu tahun, sejumlah potensi tergarap dengan baik, mulai dari sektor peternakan, UMKM, hingga kesenian.

Peternakan sendiri, Desa Tangkil mampu melahirkan kambing etawa dengan kualitas unggul. Di antaranya pernah menyabet juara tiga dalam kontes tingkat nasional di Yogyakarta. 

Dari keberhasilan itu, mampu mengangkat harga jual kambing etawa produk Desa Tangkil, yakni hingga puluhan juta rupiah.

Bukan hanya itu, warga yang mulanya hanya petani dan peternak biasa dengan penghasilan pas-pasan kemudian perlahan mulai mengembangkan peternakan kambing jenis etawa. Selain kontes, kambimg etawa juga menghasilkan susu yang bagus untuk dijual di pasaran.

Suharna, peternak kambing etawa Desa Tangkil mengatakan bahwa setelah mendapat pendampingan dari Balkesmas tersebut, kesadaran masyarakat untuk mengembangkan kambing etawa kian tinggi. Dari awalnya hanya delapan sampai 10 ekor, sekarang ada sekitar 30 ekor indukan.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: