Kementerian ATR/BPN Gandeng UKSW Salatiga Dorong Reformasi Agraria di Papua

Angga Rosa ยท Rabu, 16 Juni 2021 - 14:19:00 WIB
Kementerian ATR/BPN Gandeng UKSW Salatiga Dorong Reformasi Agraria di Papua
Wakil Menteri ATR/BPN Surya Tjandra saat menyampaikan gagasannya mengenai reforma agraria kepada Rektor UKSW Salatiga Neil Semuel Rupidara. (Foto/Ist)

SALATIGA, iNews.id - Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Surya Tjandra menggandeng Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga dalam reformasi agraria, termasuk di Papua. Itu disampaikan Surya Tjandra saat berkunjung ke UKSW. 

Surya Tjandra mengatakan, sejumlah pokok pikiran terkait rencana strategis ATR/BPN salah satunya mengenai reformasi agraria. Menurutnya, reformasi agraria sendiri adalah penataan kembali struktur penguasaan, pemilikan, penggunaan, dan pemanfaatan tanah yang lebih berkeadilan melalui penataan aset dan disertai dengan penataan akses untuk kemakmuran rakyat Indonesia.

Mimpi besar reforma agraria disampaikan Surya Tjandra adalah penataan ulang akses pada tanah yang diduga ada ketimpangan. "Ini termasuk pemberdayaan dan tujuannya untuk menyeimbangkan antara pertumbuhan ekonomi dengan kesejahteraan," kata Surya dalam siaran pers, Rabu (16/62021).

Dia juga menyinggung isu terkait reformasi agraria di Provinsi Papua. Menurutnya hal ini diawali karena ketidakjelasan permasalahan adat. Cukup banyak klaim dari adat soal kepemilikan tanah, sehingga perlu dilakukan pemetaan. 

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: