Kemunculan Keraton Baru Berpotensi Terjadi di Tempat-Tempat Ini

Okezone, Taufik Budi ยท Senin, 20 Januari 2020 - 11:30:00 WIB
Kemunculan Keraton Baru Berpotensi Terjadi di Tempat-Tempat Ini
Keraton Pajang di Sukoharjo, Jawa Tengah (Foto: Okezone)

SEMARANG, iNews.id - Kemunculan keraton baru akhir-akhir ini menjadi pembicaraan warga Indonesia. Beragam dalih diungkapkan, mulai dari menjaga kelestarian budaya, membangkitkan kerajaan masa lalu, hingga penipuan untuk mengumpulkan dana.

Antropolog Universitas Negeri Semarang (Unnes) Nugroho Trisnu Brata mengatakan, tempat-tempat situs sejarah sangat berpotensi memunculan kekuasaan baru. Sehingga, masyarakat yang merindukan kejayaan masa lalu akan berada di garda depan menjadi pengikut.

BACA JUGA: 250 Pohon Kopi di Temanggung Dirusak Orang Tak Dikenal, Polisi Buru Pelaku

"Mungkin nanti akan muncul di Kotagede pusat Kerajaan Mataram, kalau berani di sana (karena ada Keraton Yogyakarta). Atau mungkin di Pengging Boyolali dulu Ki Ageng Pengging di situ, atau mungkin di Trowulan Jawa Timur," kata Trisnu, Minggu (19/1/2020).

Dia mengatakan, fenomena kemunculan tokoh yang dianggap juru selamat atau Ratu Adil masih akan terus berulang. Sebagaimana Toto Santoso (42) yang mengklaim sebagai Raja Keraton Agung Sejagat dan menerima wangsit dari leluhur Raja -Raja Mataram.

BACA JUGA: Momentum Imlek, Wali Kota Semarang: Tak Ada Mayoritas dan Minoritas

"Potensi Mesianisme (munculnya Ratu Adil) akan terus terjadi dan berulang, karena sudah secara sejarah berulang-ulang, ada kajian antropologis mencatat seperti itu," ucapnya.

Dia menegaskan, mereka yang berani muncul di hadapan masyarakat karena sudah memiliki pengikut.

"Mungkin saja nanti muncul lagi di mana-mana ketika ada massa yang mendukung. Kalau tidak ada massanya enggak ada rakyat, enggak bakalan ada (keraton baru)," ujarnya.


Editor : Nani Suherni