Kepincut Batik Pewarna Lumpur di Kendal, Gus Yasin: Sangat Menarik dan Punya Ciri Khas

Eddie Prayitno ยท Minggu, 03 Oktober 2021 - 08:28:00 WIB
Kepincut Batik Pewarna Lumpur di Kendal, Gus Yasin: Sangat Menarik dan Punya Ciri Khas
Wagub Jateng Gus Yasin saat mencoba membatik dengan pewarna lumpur di Patebon Kendal. (foto: Ist)

KENDAL, iNews.id - Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen tertarik dengan produksi batik di salah satu UKM batik di Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal. Menurutnya, batik sebagai warisan nenek moyang dan bagian dari budaya di Indonesia.

"Tujuan saya datang ke Batik Widji Astuti ini, karena saya tertarik dengan Ibu Widji adalah, beliau mengikuti pelatihan (Batik) tahun 2001. Sekarang sudah punya sekitar 50 orang rekan kerja sama untuk membuat Batik,” kata Wagub Jateng yang akrab disapa Gus Yasin ini, Sabtu (2/10/2021).

“Jadi ada warga yang dilatih, kemudian diajak bekerja membuat batik. Yang menarik, setiap karya yang dibuat tadi langsung dia bayar, saya apresiasi," katanya.

Dirinya sangat tertarik dengan batik yang menggunakan pewarna lumpur dari Batik Widji. Kata dia, pewarna alam tersebut sangat menarik dan memiliki ciri khas.

"Pewarna alam dari lumpur ini, Bu Widji terinspirasi dari orang tuanya. Jadi katanya dulu, setiap orang tuanya pulang dari sawah, celananya selalu ada sisa lumpur dan ngecap. Akhirnya dia ambil (idenya) dan dikemas. (Ini) aman dan ramah lingkungan, saya beli satu tadi," ujarnya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: