Keren, Kaligrafi Daun Nangka Karya Pemuda Banyumas Ini Tembus Australia dan Thailand

Saladin Ayyubi ยท Rabu, 06 April 2022 - 08:08:00 WIB
Keren, Kaligrafi Daun Nangka Karya Pemuda Banyumas Ini Tembus Australia dan Thailand
Kaligrafi dari daun nangka karya Sumarno, warga Desa Kedung Wuluh Kidul, Kecamatan Patikraja, Banyumas menembus Australia dan Thailand. (iNewsTV/Saladin Ayyubi)

BANYUMAS, iNews.id - Sebuah karya kaligrafi atau seni menulis huruf Alquran ternyata bisa dibuat pada selembar daun nangka. Sekilas, bahan tulisan kaligrafi ini mirip dari tembaga atau kuningan,  namun setelah diamati terlihat serat-serat daun nangka secara jelas.

Nah, ada seorang pemuda yang pandai membuat kaligrafi di atas selembar daun nangka. Hasilnya, sungguh mengagumkan. Karya ini juga sudah terjual hingga ke Australia dan Thailand.

Pemuda itu bernama Sumarno, warga Desa Kedung Wuluh Kidul, Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas ini, selambar daun nangka bisa dijadikan karya seni bernilai sangat tinggi.

Daun nangka yang dipilih Sumarno memang bukan daun nangka biasa, namun merupakan daun nangka yang mempunyai bentuk lebar dan tidak dalam kondisi rusak.

Daun nangka yang telah kering ini selanjutnya dipilih lagi oleh Sumarno, di mana tekstur serat daun nangka yang bagus adalah yang tidak kaku maupun tidak terlalu lemas.

Sebelum diukir kaligrafi, Sumarno terlebih dahulu membuat pola tulisan huruf arab di atas selembar daun nangka ini. Dengan menggunakan pensil, sketsa kaligrafi ini dibuat dengan hati-hati agar tidak merusak daun nangka.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: