Keren, Produk Kacamata Berbahan Limbah Kayu asal Batang Tembus Pasar Eropa

Antara ยท Kamis, 18 Maret 2021 - 18:15:00 WIB
Keren, Produk Kacamata Berbahan Limbah Kayu asal Batang Tembus Pasar Eropa
Produk kerajinan kacamata berbahan limbah kayu dari Batang mampu menembus pasar Eropa dan Asia Tenggara. (Antara)

BATANG, iNews.id Kabupaten Batang, Jawa Tengah, patut berbangga. Produk kerajinan kacamata berbahan limbah kayu dari Batang mampu menembus pasar Eropa dan Asia Tenggara seperti Perancis, Belgia, Malaysia, dan Singapura.

Menurut perajin kacamata merek Cendana Dedy Irawan pemasaran kacamata berbahan kayu ini melalui sistem daring dan "reseller". "Kalau ekspor, biasanya ke Perancis, Belgia, Malaysia, dan Singapura. Adapun sebagian besar, kacamata ini dipakai oleh KBRI atau pemerintah," kata Dedy, Kamis (18/3/2021).

Dia mengatakan, pembuatan kacamata berbahan limbah kayu ini dilakukan secara otodidak dengan melihat video tutorial. Adapun kelebihan produk kacamata yang dibuatnya, kata dia, adalah 100 persen tidak memakai sambungan tetapi sepenuhnya berupa bahan kayu, kecuali kaca lensanya.

"Dari segi presisi, kami juga menggunakan 'router' (perangkat keras pada jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan) sehingga bentuk detailnya pas," katanya.

Ia mengatakan pembuatan kacamata ini menggunakan limbah kayu pilihan seperti sonokeling, jati, dan maple sebagai upaya menjamin kualitas produknya.

"Kami memang memilih limbah kayu yang kualitasnya masih bagus sehingga nantinya tidak mudah berubah bentuknya dan warnanya," katanya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2