Keren, Salatiga Jadi Kota Paling Toleran se-Indonesia

Antara, Subhan Sabu · Kamis, 25 Februari 2021 - 23:07:00 WIB
Keren, Salatiga Jadi Kota Paling Toleran se-Indonesia
Seorang aparatur sipil negara (ASN) di Kantor Pemerintah Kota Salatiga, Jawa Tengah. (Foto: Antara)

SEMARANG, iNews.id - Salatiga menjadi kota paling toleran se-Indonesia pada tahun 2020. Kota di Jawa Tengah (Jateng) itu meraih penghargaan dengan skor 6,717 versi Setara Institute.

Penghargaan diserahkan Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri Tumpak Haposan Simanjuntak kepada Wakil Wali Kota Salatiga Muh Haris di Jakarta, Kamis (25/2/2021).

Setelah Salatiga, peringkat ke-2 Indeks Kota Toleran se-Indonesia ditempati Kota Singkawang. Kemudian, disusul Kota Manado, Kota Tomohon, Kota Kupang, Kota Surabaya, Kota Ambon, Kota Kediri, Kota Sukabumi, dan Kota Bekasi.

Wali Kota Salatiga Yuliyanto bersyukur atas Penghargaan Kota Paling Toleran untuk kota yang dipimpinnya.

"Alhamdulillah, hari ini Salatiga mendapat predikat sebagai Kota Tertoleran, ini membanggakan tetapi juga menjadi tantangan untuk dipertahankan," katanya.

Menurut dia, faktor pendukung keberhasilan Kota Salatiga mendapat penghargaan sebagai Kota Paling Toleran karena tidak adanya diskriminasi dalam pembuatan kebijakan. Semua forkompinda, masyarakat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat saling bersinergi demi toleransi.

Selain itu, dia juga menyoroti keberhasilan pembangunan ekonomi dan manusia yang menunjang terwujudnya toleransi sehingga masyarakat tidak mudah terpengaruh isu yang memecah-belah persatuan.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2