Hikmah

Kisah Doa Tak Terkabul karena Tidak Baca Shalawat Nabi

Kastolani · Jumat, 14 Agustus 2020 - 05:33:00 WIB
Kisah Doa Tak Terkabul karena Tidak Baca Shalawat Nabi
Muslim dianjurkan banyak membaca shlawat atas Nabi Muhammad SAW di hari Jumat yang penuh barokah. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW merupakan perintah dari Allah SWt. Tak hanya bagi manusia yang beriman, para malaikat juga diperintahkan untuk bershalawat kepada Nabi SAW. Selain sebagai refleksi atas kecintaan terhadap Rasulullah SAW, membaca shawalat juga memohon keberkahan dan ampunan serta mengharap syafaat di hari akhir nanti.

Allah SWT berfirman:

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Artinya: "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya". (QS: Al Ahzab:56)

Dalam Tafsir Ibnu Katsir disebutkan berkaitan dengan ayat tersebut, Imam Bukhari mengatakan yang dimaksud dengan shalawat dari Allah ialah pujian-Nya kepada Nabi Saw di kalangan para malaikat, dan salawat dari para malaikat ialah doa mereka untuknya.

Banyak keutamaan yang akan diperoleh Muslim jika selalu bershalawat terutama di hari Jumat. Nabi SAW bersabda:

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi).

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2