Kisah Mistis Gua Semar, Tempat Semedi Raja-Raja Jawa hingga Pertapaan Soeharto

Ahmad Antoni ยท Rabu, 23 November 2022 - 11:27:00 WIB
 Kisah Mistis Gua Semar, Tempat Semedi Raja-Raja Jawa hingga Pertapaan Soeharto
Penampakan di dalam Gua Semarang yang konon sebagai tempat bersemedi para raja Jawa dan pertapaan Presiden ke-2 RI Soeharto. (foto: IG @sikudaliar)

WONOSOBO, iNews.idDataran tinggi Dieng di Wonosobo, Jawa Tengah, selama ini identik dengan objek wisata candi dan kawahnya. Namun siapa sangka di dataran tinggi Dieng ada beberapa gua yang patut untuk dikunjungi.

Setidaknya terdapat tiga gua yang terletak di kawasan Telaga Warna Dieng. Ketiga gua itu adalah Gua Semar, Gua Jaran dan Gua Sumur. Lokasi ketiga gua itu saling berdekatan.

Dihimpun dari berbagai sumber, keberadaan ketiga gua tersebut sudah ada sejak lama dan sekarang ditutupi pagar dan hanya bisa dimasuki dengan menggunakan jasa pemandu atau juru kunci.

Namun dari ketiga gua tersebut, Gua Semar memiliki kisah mistis. Konon sejarahnya di gua yang berada di ketinggian lebih dari 2.000 mdpl ini ada penunggunya yakni eyang Semar.

Jadi ceritanya, setelah melalang buana bersemedi, eyang Semar berada di Dieng dan bersemedi untuk terakhir kalinya, yaitu di gua Semar tersebut. 

Selain itu gua ini juga menjadi tempat semedi oleh raja-raja di Jawa, termasuk juga Presiden ke-2 RI Soeharto. Ada kisah lain ketika Soeharto mendapatkan wangsit akan menjadi presiden RI juga di Gua Semar ini. 

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: