Kisah Perjuangan Anggota Kodim Magelang Peroleh Kaki Palsu Baru dari KSAD Jenderal Andika

Riezky Maulana · Jumat, 08 Oktober 2021 - 08:14:00 WIB
Kisah Perjuangan Anggota Kodim Magelang Peroleh Kaki Palsu Baru dari KSAD Jenderal Andika
Serda Mugiyanto anggota Kodim 0705/Magelang mendapat perhatian khusus dari Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa. (Foto: Akun Youtube TNI AD)

JAKARTA, iNews.id - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa memenuhi salah satu keinginan prajuritnya, Serda Mugiyanto.  Anggota Kodim 0705/Magelang itu berharap dapat memperoleh kaki palsu baru, karena kaki palsu yang sebelumnya sudah rusak.

Serda Mugi, begitu dia akrab disapa, dinilai sebagai prajurit TNI AD yang amat inspiratif. Bukan tanpa sebab hal itu dialamatkan kepadanya, sebab dirinya sukses menjadi pengusaha kelengkeng di tengah keterbatasan fisik.

Untuk diketahui, Mugi terpaksa harus kehilangan salah satu kakinya ketika berdinas di Ambon, Maluku sekitar Tahun 2001 lalu. Demi mewujudkan keinginan Mugi, KSAD langsung memberangkatkannya ke RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta guna menjalani perawatan lebih lanjut.

"Pagi jam 08.00 WIB saya mendapatkan telepon dari Komandan Kodim 0705, supaya  besok pagi saya merapat ke korem. Akan ke Jakarta bersama rombongan bapak KSAD," papar Mugi dalam video yang diunggah TNI AD, Kamis (7/10/2021).

Setelah tiba di Jakarta, Serda Mugiyanto langsung mendapatkan assessment awal oleh tim dokter RSPAD Gatot Soebroto. Kepala Instalasi Rehabilitasi Medik, Kolonel Ckm (K) dr. Nunuk Sri Redjeki memimpin langsung tindakan tersebut.

"Assessment kami nilai bahwa memang perlu diganti perlu direvisi, kalau kemarin karena beliau karena rusak itu akibatnya nyeri pinggang. Ini kakinya juga nyeri karena mungkin tidak pas tidak fit distam-nya akhirnya kami jelaskan ke pasien karena bapak pincang-pincang jadi kompensasi," kata Sri.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: