Kisah Ratu Kalinyamat, Kirim Ribuan Prajurit Jepara untuk Bebaskan Malaka dari Portugis

Avirista Midaada ยท Minggu, 20 Maret 2022 - 06:48:00 WIB
Kisah Ratu Kalinyamat, Kirim Ribuan Prajurit Jepara untuk Bebaskan Malaka dari Portugis
Lukisan Ratu Kalinyamat di Loby Kantor Bupati Jepara. Sosok Ratu Kalinyamat, Bupati Jepara terkenal berani dan sering menentang penjajahan Portugis. (IST/Google)

JEPARA, iNews.id – Sosok Ratu Kalinyamat, Bupati Jepara terkenal berani dan sering menentang penjajahan Portugis. Bahkan suatu ketika Ratu Kalinyamat pernah mengirimkan pasukan sebanyak 4.000 orang dari Jepara untuk membebaskan Malaka

Sang ratu pemberani ini diminta oleh Sultan Johor agar Malaka dapat dibebaskan dari kekuasaan Portugis. Hal ini seperti dikisahkan pada buku "Perempuan -Perempuan Tangguh Penguasa Tanah Jawa" dari Krishna Bayu Adji dan Sri Wintala Achmad. 

Pasukan Jepara saat itu kemudian bergabung dengan pasukan Persekutuan Melayu hingga mencapai 200 kapal perang. Pasukan gabungan tersebut menyerang dari utara dan berhasil merebut sebagian wilayah Malaka. 

Namun Portugis akhirnya berhasil membalasnya, pasukan Persekutuan Melayu berhasil dipukul mundur. Sedangkan pasukan Jepara masih bertahan. Baru setelah pemimpinnya gugur, pasukan Jepara kemudian ditarik mundur. 

Pertempuran selajutnya masih terjadi di pantai dan laut yang menewaskan 2.000 prajurit Jepara. Badai datang menerjang hingga dua buah kapal Jepara terdampar kembali ke pantai Malaka, dan menjadi mangsa bangsa Portugis. Hampir sebagian besar prajurit Jepara gugur, tak lebih dari setengah prajurit yang berhasil meninggalkan Malaka. 

Meskipun Jepara berhasil dipukul mundur oleh Portugis, namun Ratu Kalinyamat tidak pernah jera. Pada tahun 1565, ia memenuhi permintaan orang-orang Hitu di Ambon untuk menghadapi gangguan bangsa Portugis dan kaum Hative. 

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: