Kisah Sunan Kalijaga Ubah Bentuk Wayang, Para Walisongo sempat Dibuat Bungkam 

Avirista Midaada · Minggu, 10 Juli 2022 - 06:17:00 WIB
Kisah Sunan Kalijaga Ubah Bentuk Wayang, Para Walisongo sempat Dibuat Bungkam 
Ilustrasi Kisah Sunan Kalijaga Ubah Bentuk Wayang, Para Walisongo sempat Dibuat Bungkam  (Okezone)

Bahkan Sunan Kalijaga berpendapat sampai saat ini tidak ada be tuk manusia yang menyerupai bentuk wayang ubahannya ini. Bila ada pun tentu bentuknya amat jelek dan aneh. Akhirnya permusyawaratan para wali itu menyetujui usul Sunan Kalijaga, karena perubahan itu memang kehendak dan saran Sunan Giri juga. 

Kemudian Sunan Kalijaga mengubah bentuk wayang Bathara Guru yang menjadi pemimpin para dewa itu diberi nama atau sebutan Sang Hyang Girinata atau Sunan Giri yang mengatur. Nata adalah bahasa Jawa yang artinya mengatur. 

Sebab itulah perubahan bentuk wayang itu adalah permintaan dan kehendak Sunan Giri, agar tidak menyerupai bentuk manusia. Jelasnya walaupun Sunan Kalijaga yang mengajukan, tetapi Sunan Kalijaga sampai dalam menyimpulkan dan memahami pendapat-pendapat Sunan Giri tentang bentuk-bentuk wayang dan gambar-gambar yang haram menurut agama. 

Namun dari semua itu, Sunan Kalijaga-lah yang memegang peranan dan menentukan bentuk-bentuk wayang, sehingga tampak artistik dan bernilai seni yang tinggi, serta melambangkan keluhuran kebudayaan bangsa.

Editor : Nani Suherni

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: