Kondisi Bayi Positif Corona di Kulonprogo Membaik, Warga Diminta Jangan Panik

Kuntadi ยท Kamis, 26 Maret 2020 - 19:30 WIB
Kondisi Bayi Positif Corona di Kulonprogo Membaik, Warga Diminta Jangan Panik
Bayi berusia empat bulan positif corona yang dirawat di RSUD Wates, Kulonprogo kondisinya membaik. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id – Kondisi bayi laki-laki berusia empat bulan yang dinyatakan positif corona (Covid 19) di RSUD Wates kondisinya membaik. Bayi tersebut sempat ikut orang tuanya pergi di salah satu Kota di Jawa Tengah yang ditemukan beberapa pasien positif corona.

Sepulang dari luar daerah itu, bayi tersebut menunjukkan gejala mirip corona dan langsung dibawa ke rumah sakit dengan status pasien dalam pengawasan (PDP).

Hasil sampel darah oleh Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta menyatakan bayi itu positif corona.

“Info terakhir kondisinya membaik. Mudah-mudahan daya tahan tubuhnya bagus dan dapat segera sembuh,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo, Sri Budi Utami, Kamis (26/3/2020).

Dia mengatakan, Dinas Kesehatan akan melakukan swab terhadap orang-orang yang sempat melakukan kontak langsung dengan pasien. Namun keluarga inti yang satu rumah, sudah melakukan isolasi secara mandiri. “Sejak pasien masuk sebagai PDP, isolasi untuk keluarga inti sudah dilakukan,” katanya.

Budi memastikan satu pasien positif corona di Kulonprogo ini merupakan kasus impor dan tidak ada kasus penularan di tingkat lokal. Harapannya masyarakat bisa mematuhi imbauan pemerintah untuk tetap berada di rumah dan melakukan social distancing.

Budi juga meminta masyarakat untuk tidak panik. Sebelum dinyatakan positif terpapar corona, pasien ini telah diisolasi di RSUD Wates.  

Hingga kini, warga yang sudah diperiksa ada 72 orang.  ODP itu tersebar di seluruh kapanewon. Sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) ada lima orang. Setelah hasil uji laboratorium keluar, salah satu pasien PDP ini, positif corona.


Editor : Kastolani Marzuki