Kronologi Banjir Uang di Desa Plumbon Batang, Diawali Hujan Deras

Suryono Sukarno ยท Jumat, 20 November 2020 - 22:30:00 WIB
Kronologi Banjir Uang di Desa Plumbon Batang, Diawali Hujan Deras
Warga Desa Plumbong, Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang, Jateng, menunjukkan uang kertas yang ditemukan di saluran irigasi, Jumat (20/11/2020). (Foto: iNews/ Suryono Sukarno)

BATANG, iNews.id – Warga Desa Plumbon, Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang, Jawa Tengah (Jateng), digegerkan dengan banjir uang di saluran irigasi. Kejadian itu pun viral di media sosial.

Dalam video yang beredar, tampak warga berusaha mencari dan mengumpulkan uang kertas pecahan Rp100.000 dan Rp50.000.

Kejadian ini berawal dari hujan dengan intensitas tinggi, lalu terjadi luapan air cukup deras. Setelah reda, ternyata beberapa warga menemukan uang di saluran air tersebut.

“Kami tidak tahu asal uang tersebut. Kami merasa beruntung dengan kejadian banjir uang ini. Ada yang dapat sekresek. Saya dapat Rp300.000-an, ada pecahan uang Rp50.000 ada Rp100.00,” kata petani, Anwar.

Sebelumnya memang sempat terjadi hujan deras dan mengakibatkan aliran sungai kecil meluap hingga ke jalanan. Kemungkinan besar uang tersebut milik salah seorang warga setempat yang terbawa banjir.

Warga di desa tetangga juga ikut berburu uang yang terbawa air sisa hujan dan menuju ke sawah mengikuti arus saluran irigasi tersebut. Tidak sedikit warga yang mendapatkan uang di sungai dan area pertanian padi mencapai satu tas kresek dan satu ikat uang pecahan Rp50.000 senilai Rp5 juta.

“Habis banjir, nampak banyak uang Rp100.000 dan Rp50.000. Ada satu ikatan, dihitung-hitung ada Rp5 juta,” kata warga, Sulton.


Editor : Kastolani Marzuki