KSAD: Bila Kita Tak Bijak dan Pintar Baca Situasi, Kita Akan Hanyut dengan Era Saat Ini

Riezky Maulana ยท Senin, 17 Januari 2022 - 08:41:00 WIB
KSAD: Bila Kita Tak Bijak dan Pintar Baca Situasi, Kita Akan Hanyut dengan Era Saat Ini
KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman saat menyampaikan orasi ilmiah di Universitas Swadaya Gunung Jati, Minggu (16/1/2022). (IST)

JAKARTA, iNews.id - KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengatakan situasi global di era disrupsi telah mengubah dunia. Menurutnya, hal itu secara fundamental turut mengubah sistem tatanan yang ada dengan cara baru yang cenderung menggunakan teknologi dunia maya.

"Apabila kita tidak bijak dan tidak pintar membaca situasi maka kita akan hanyut dan tergerus dengan era saat ini. Pihak yang masih menggunakan cara lama dan akan kalah bersaing," kata  Dudung saat memberikan orasi ilmiah di Universitas Swadaya Gunung Jati, Minggu (16/1/2022). 

Orasi ilmiah itu disampaikan Jenderal Dudung di hadapan 600 civitas akademik dan mahasiswa. Orasi ilmiah berjudul Peran Mahasiswa dalam Sistem Pertahanan yang Bersifat Semesta. 

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menyebut salah satu contoh yaitu media sosial. Di mana media sosial sebagai salah satu sarana yang dijadikan sebagai alat provokasi, isu sara, penyebaran berita-berita hoaks dan adu domba.

"Semakin intelektualnya tinggi, generasi muda justru harus lebih cepat dan cermat menyikapi informasi yang beredar. Kalau tidak, maka akan memecah belah persatuan dan persatuan bangsa," katanya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: