Lembaga Dewan Adat Keraton Solo Gelar Wilujengan Adeging Nagari

Ary Wahyu Wibowo ยท Kamis, 26 Agustus 2021 - 00:07:00 WIB
Lembaga Dewan Adat Keraton Solo Gelar Wilujengan Adeging Nagari
Prosesi acara Wilujengan Adeging Nagari yang digelar Lembaga Dewan Adat Keraton Kasunanan Surakarta, Rabu (25/8/2021). Foto: Ist.

SOLO, iNews.id Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Kasunanan Surakarta atau Keraton Solo menggelar acara Wilujengan Adeging Nagari, Rabu (25/8/2021).  Acara dalam rangka peringatan pindahnya keraton dari Kartasura ke Surakarta. 

“Hari ini genap 276 Masehi berdirinya Keraton Surakarta Hadiningrat, seperti yang lalu, kami juga menggelar upacara seperti ini,” kata Ketua LDA Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, GKR Koes Moertiyah Wandansari (Gusti Moeng). 

Setelah reformasi, Wilujengan Adeging Nagari mulai rutin dilaksanakan setiap tanggal 17 Suro. Sebelumnya acara selalu berpatokan dengan hitungan masehi. Sementara, Keraton Solo dalam tata cara upacara memakai hitungan kalender Jawa. 

Sebab Keraton Solo merupakan terusannya Kerajaan Mataram. Sementara, Kerajaan Mataram memiliki kalender penanggalan yang dibuat Sultan Agung.  

Upacara wilujengan digelar sederhana di Pendopo Sasana Sumewa, kompleks Keraton Solo. Prosesi menerapkan protokol kesehatan yang ketat guna mencegah penyebaran Covid-19. Acara diikuti sentana dalem, abdi dalem dan kerabat keraton. 

Prosesi acara lain melaksanakan tahlil dan dzikir yang dipimpin ulama Keraton Solo. Setelah itu dilanjutkan pembacaan cerita perpindahan keraton dari Kartasura ke Desa Sala yang menjadi lokasi Keraton Solo saat ini. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Bagikan Artikel: