Lolos Uji Kelaikan, Bus Angkutan Mudik di Purworejo Dipasangi Stiker

Joe Hartoyo ยท Jumat, 24 Mei 2019 - 02:28:00 WIB
Lolos Uji Kelaikan, Bus Angkutan Mudik di Purworejo Dipasangi Stiker
Bupati Purworejo memasang stiker di bus yang dianggap laik jalan untuk angkutan mudik lebaran. (Foto: iNews/Joe Hartoyo).

PURWOREJO, iNews.id - Sejumlah bus angkutan lebaran yang dinilai siap melayani angkutan mudik telah dipasangi stiker. Semuanya telah dinyatakan lolos uji kelaikan kendaraan yang diadakan Pemerintah Kabupaten Purworejo bersama kepolisian.

Bupati Purworejo, Agus Bastian mengatakan, saat arus mudik, seluruh PO bus dapat memberikan pelayan terbaik untuk masyarakat. Semua kendaraan betul-betul laik jalan dan dapat membawa para pemudik ke tujuan.

"Awak bus diharapkan selalu dalam keadaan sehat ketika membawa kendaraan, sehingga tidak ada satu hal yang bisa menyebabkan kecelakaan di jalan," kata Agus di sela peninjauan PO bus di Kabupaten Purworejo, Jateng, Kamis (23/5/2019).

Meski sudah dipastikan laik jalan, namun sopir bus tetap harus melakukan pengecekan sebelum kendaraannya jalan. Seperti kondisi rem, ban bus dan surat-surat kelengkapan mengemudi.

Bupati mengatakan, seluruh bus yang disiapkan telah laik untuk angkutan lebaran tahun 2019. Bahkan dipasang kamera CCTV dan free WIFI untuk kenyamanan penumpang bus.

"Kenyamanan penumpang harus diutamakan. Sopir juga kami minta tidak ugal-ugalan," ujar dia.

Mewakili PO bus, Direktur Utama PT Sumber Alam Ekspres Kutoarjo, Anthony Steven Hambali, menjelaskan untuk menyambut angkutan lebaran tahun 2019 pihaknya telah menyiapkan 144 unit kendaraan.

PO Sumber Alam menyediakan armada AKAP sebanyak 97 unit, AKDP sebanyak 10 unit, AJDP sebanyak 25 unit dan bus pariwisata sebanyak 12 unit. Hingga saat ini pihaknya telah menerima pemesanan tiket sebanyak 5.000 penumpang untuk arus mudik dan arus balik.

"Selama ini kami juga selalu melaksanakan pengujian kelaikan kendaraan. Para pengemudi dan awak bus juga melakukan cek kesehatan secara berkala," kata dia.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: