Malam 1 Suro, Aktivitas Pendakian di Gunung Merbabu Meningkat

Angga Rosa ยท Jumat, 29 Juli 2022 - 18:33:00 WIB
Malam 1 Suro, Aktivitas Pendakian di Gunung Merbabu Meningkat
Suasana puncak Gunung Merbabu. Foto: Ist.

SEMARANG, iNews.id - Puluhan warga dari berbagai daerah akan memperingati pergantian malam 1 Muharam 1444 H di Gunung Merbabu. Mereka sudah tiba di pos pendakian Dusun Tekelan, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang dan jalur pendakian Gunung Merbabu, Jumat (29/7/2022).

Rencananya, mereka akan melakukan pendakian pada petang hari. Peningkatan aktivitas pendakian pada malam 1 Suro ini sudah diantisipasi oleh tim SAR, kelompok pencinta alam di Dusun Tekelan, Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) dan petugas Seksi I Kopeng Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGM) dengan menempatkan personil di setiap pos pendakian.

Anggota Tim SAR Getasan Agus Surolawe menyatakan, semua jalur pendakian Gunung Merbabu pada malam 1 Suro ini, dibuka untuk umum. Karena cuaca dalam kondisi baik dan tidak ada tempat di kawasan Gunung Merbabu yang membahayakan. 

"Meski demikian, aktivitas pendakian tetap harus dipantau. Kami sudah menyiapkan langkah antisipasi untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan," katanya, Jumat (29/7/2022).

Dia menjelaskan, jalur pendakian Gunung Merbabu ada lima, yakni Tekelan dan Cuntel (Kabupaten Semarang), Candisari dan Selo (Boyolali) serta Wekas (Kabupaten Magelang). "Seluruh jalur pendakian tersebut dijaga petugas dan para pendaki wajib melapor kepada petugas serta mentaati aturan pendakian yang ditetapkan," ujarnya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: