Masuk Kota Pekalongan, Peziarah Luar Daerah Disekat dan Dites Swab

Suryono Sukarno ยท Kamis, 10 Juni 2021 - 14:19:00 WIB
Masuk Kota Pekalongan, Peziarah Luar Daerah Disekat dan Dites Swab
Peziarah luar daerah yang menjalani tes swab di Kota Pekalongan sebelum diminta kembali ke daerah asal. Foto: iNews/Suryono Sukarno.

PEKALONGAN, iNews.id – Satgas Covid-19 menggelar tes swab kepada peziarah dari luar daerah yang akan masuk ke Kota Pekalongan. Swab guna mencegah klaster baru Covid-19 dari wisata religi

Swab tes melibatkan aparat gabungan dari TNI, Polri BPBD dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekalongan. Kendaraan peziarah dari luar kota dihentikan, tepatnya di Exit Tol Setono. Setiap bus yang berisi puluhan orang diwajibkan melakukan tes swab terlebih dahulu sebelum diminta kembali ke daerah asal. 

Wisata religi dan ziarah di Kota Pekalongan menjadi salah satu tujuan kunjungan dan dikhawatiran muncul klaster baru, sehingga perlu pengawasan ketat, di antaranya melalui test swab. 

Terlebih saat ini, kasus Covid-19 di Jawa Tengah saat ini sangat mengkhawatirkan. Guna mencegah klaster baru, tempat berziarah di Kota Pekalongan ditutup sampai keadaan lebih kondusif. 

“Kegiatan ini dilakukan untuk mencegah adanya klaster baru penyebaran Covid-19 di wilayah kota maupun Kabupaten Pekalongan, khususnya dari klaster ziarah rombongan. Tim gabungan melaksanakan operasi penyekatan, khususnya bagi para peziarah yang akan masuk ke Pekalongaan,” kata Kepala Staf Kodim Pekalongan, Mayor Inf Raji, Kamis (10/6/2021). 

Warga yang ingin ziarah diimbau untuk sementara ditunda sampai keadaan benar-benar aman. Selain itu juga tetap patuhi protokol kesehatan agar Covid-19 ini bisa segera dikendalikan. Selain test swab, aparat gabungan juga menyemprot bus yang ditumpangi dengan cairan disinfektan. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo