Mengaku Gila, Nama Hartono Melegenda sebagai Pencuri Motor Kelas Kakap

Wisnu Wardhana ยท Selasa, 19 Maret 2019 - 15:40:00 WIB
Mengaku Gila, Nama Hartono Melegenda sebagai Pencuri Motor Kelas Kakap
Pelaku pencurian yang namanya sudah melegenda di Semarang. (Foto: iNews/Wisnu Wardhana).

SEMARANG, iNews.id – Polisi akhirnya meringkus seorang pelaku pencurian di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Petugas sempat kesulitan dalam melakukan pemeriksaan, lantaran pelaku mengaku gila dengan menunjukkan kartu pasien rumah sakit jiwa

Tersangka, Hartono (43) warga Kabupaten Kendal, Jateng, akhirnya berhasil diproses secara hukum di Mapolsek Semarang Barat. Pelaku memang dikenal warga sekitar dengan sebutan pencuri legenda.

"Setiap tertangkap, saya kasih kartu kuning (kartu pasien RSJ)," kata dia kepada wartawan di Mapolsek Semarang Barat, Kota Semarang, Jateng, Selasa (19/3/2019).

Tujuannya, supaya bisa dibebaskan petugas. Karena, orang yang mengalami gangguan jiwa, kata dia, tidak bisa dijerat sanksi pidana. Karena itulah, Hartono berulang kali lolos jeratan polisi.

Kanit Reskrim Polsek Semarang Barat, AKP Sutarno mengatakan, bermodal kartu pasien RSJ, Hartono memang sudah berulang kali melakukan aksi pencurian.

"Dia sadar dengan pakai kartu itu, tidak mungkin bisa diproses," ujar Sutarno.

Selain itu, kata dia, sebenarnya Hartono sudah berulang kali tertangkap basah oleh korban. Tapi, karena pelaku kerap menganggu mengalami gangguan jiwa, akhirnya korban pun enggan melaporkannya ke polisi.

Banyaknya aksi yang kerap dilakukan tersangka, petugas Polsek Semarang Barat pun memprosesnya. Selain itu, jajarannya juga berkoordinasi dengan rumah sakit jiwa.

"Untuk memastikan bahwa tersangka dapat dilakukan penyidikan," ujar dia.

Dari tangan pelaku, petugas juga menyita sejumlah barang bukti berupa sepeda motor dan uang senilai Rp1 juta. Atas perbuatannya, pelaku dijerat pasal 363 KUHP dan diancam tujuh tahun penjara.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: