Menko PMK Desak Pemerintah Daerah segera Bagikan Bansos PKH dan BPNT

Yunibar ยท Jumat, 25 Februari 2022 - 18:02:00 WIB
Menko PMK Desak Pemerintah Daerah segera Bagikan Bansos PKH dan BPNT
Menko PMK Muhadjir Effendi memantau penyaluran bansos di Kabupaten Tegal. (iNews/Yunibar)

TEGAL, iNews.id Menko PMK Muhadjir Effendy mendesak pemerintah daerah segera membagikan bansos PKH dan BPNT agar bisa dimanfaatkan masyarakat. Hal itu disampaikan Muhadjir saat melakukan penyaluran bansos di Kabupaten Tegal, Jumat (25/2/2022).

Dalam kesempatan itu, Menko PMK memantau percepatan penyaluran bansos program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai (BPNT) yang saat ini dicairkan dalam bentuk uang tunai Rp600.000 di Kantor Pos Kecamatan Adiwerna.

Sesuai arahan presiden, Muhadjir meminta agar pemerintah daerah segera menyalurkan bantuan sosial selambat-lambatnya pada 3 Maret mendatang.

“Saat ini masyarakat sangat membutuhkan bantuan agar bisa segera dimanfaatkan oleh keluarga penerima manfaat,” kata Muhadjir.

Dia juga mengingatkan agar bansos tidak salah sasaran. Seperti yang terjadi di Kota Tegal, di mana Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi sempat terdaftar dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) sebagai penerima bansos.

Menko PMK meminta agar para Ketua RT/RW hingga kepala kelurahan atau kepala desa saat melaporkan warganya untuk betul-betul mempertimbangkan  melalui musyawarah desa, hanya yang berhak menerima yang dilaporkan. “Sehingga meminimalisasi terjadinya salah sasaran,” katanya.

Sementara itu, Bupati Tegal Umi Azizah mengatakan jumlah penerima BPNT yang dibayarkan tunai pada hari ini sebanyak 1063 keluarga penerima manfaat (KPM) di tiga kecamatan.

“Yakni Kecamatan Suradadi, Warureja dan Kecamatan Tarub. Sementara jumlah penerima PKH sebanyak tahap pertama 69.000 KPM,” sebutnya.

Jumlah penerima bansos di Kabupaten Tegal pada tahun ini meningkat seiiring dengan dampak pandemi Covid-19. “Namun peningkatan jumlah keluarga penerima manfaat tidak signifikan,” ujarnya.

Editor : Ahmad Antoni

Bagikan Artikel: